Potensi Perkebunan Belum Optimal di Memfaatkan

18.03 Diposkan oleh HERI IRAWAN
Cendrung Tanaman Karet
PAHAUMAN - Luasan potensi lahan pertanian dan perkebunan yang ada kecamatan Sengah Tamila Kabupaten Landak merupakan salah satu potensi yang hingga saat ini belum keseluruhan dapat di garap atau di mempaatkan oleh masyarakat. Karena dari luasan yang ada kumungkinan sekitar 0,5 dari luasan potensi yang ada yang sudah dapat di garap oleh masyarakat.
Camat Sengah Tamila Bernadus SH kepada Kapuas Post belum lama ini mengatakan, kalai di lihat dari minat masyarakat yang ada di daerah ini, memang kebanyakan lebih cendrung memilih tanaman karet dari pada kelapa sawit. karena alasannya adalah tanaman kelapa sawit membutuhkan biaya besar terutama perawatannya.
"kalau kita lihat masyarakat di sini memang lebih cendrung memilih tanaman karet dari pada kelapa sawit. memang ada juga yang memilih kelapa sawit cuma jumlahnya tidak banyak, dari yang memiliki kebun karet,"ujarnya.

karena menurutnaya tanaman karet sendiri yang memang merupakan tanaman yang sudah dari turun temurun di tanami oleh masyarakat lagi pula tanaman ni memang tidak terlalu memakan biaya yang cukup besar sehingga masyarakat yang memiliki ekonomi yang yang rendah juga akan dapat memiliki tanaman ini.
Hanya saja memang kalau di lihat dari perkembangan pengelolaan potensi lahan yang di miliki oleh masyarakat yang ada di daerah ini memang belum di lakukan dengan optimal sehingga dari lahan yang ada di daerah ini masih cukup banyak yang belum di garap. padahal kalau saja semua ini di usahakanSeraya yakin ke depannya hasil dari usaha perkebunan masyarakat ini akan dapat memberikan perkembangan yang lebih baik.
"ini kita kembalikan pada kesadaran masyarakat yang ada, memang kita ingin semua ini dapat kita kelola dengan baik, apalagi lahan yang di miliki oleh masyarakat yang ada di daerah ini memang cukup luas, tetapi kalau mengenai pengelolaannya itukan kembali dengan pribadi si pemilik lahan,"ungkapnya.
Selain itu juga katanya kalai di lihat dari perkebunan intres yang ada di daerah ini juga tampaknya juga tidak terlalu di rawat dengan baik. padahal ini adalah merupakan bukti bahwa keinginan dari Pihak Pemda itu cukup kuat untuk memberikan dorongan kepada masyarakat agar dapat mememfaatkan perkebunan intres itu dengan baik untuk mengokulasi tanaman karetnya masing-masing.
"Pemda sebenarnya hanya memberikan pancing supaya masyarakat dapat mencari ikan lebih banyak, karena kalau di berikanikan tentu saja Pemda tidak mampu. jadi ya silakanlah masyarakat melakukan kegiatanya dengan bermodalkan pancing yag ada supaya dapat lebih banyak,"pintanya.
Untuk itu Seraya mengharapkan, seiring dengan kemajuan teknologi yang saat ini semakin berkembang, maka Seraya juga meminta agar masyarakat juga harus giat untuk memempaatkan potensi yang ada. karena kalau hal ini tidak di mulai dri sekarang lantas kapan lagi bisa di nikmati hasilnya. Selain itu dengan di upayakan potensi yang ada maka ke depannya akan dapat memberikan hasil yang mengarah pada peningakatan pendapatan perekonomian masyarakat terutama pada pendapatan

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Potensi Perkebunan Belum Optimal di Memfaatkan"


Powered by www.tvone.co.id