Tahun 2009 Wajar 9 Tahun Diharapkan Tuntas

20.06 Diposkan oleh HERI IRAWAN

Pemda Landak Lakukan Seminar Bersama SA2WB
NGABANG - Usaha pemerintah melakukan Gerakan Nasional percepatan penuntasan wajib belajar sembilan tahun (GN-PPWB) sebenarnya bukanlah hal baru. Karena setelah di mulainya pada tahun 1994, gerakan Nasional ini sempat terhambat ketika terjadi krisis ekonomi yang melanda Indonesia. sehingga pada tahun 2008 angka partisifasi kasar (APK) SMP/MTs mencapai 96,18 persen sementara sebagai target APK SMP sebagai indikator utama penuntasan Wajar Dikdas 9 Tahun yang bermutu adalah 95 persen. sehingga pada tahun 2008/2009 dan semua Kabupaten Kota mencapai APK SMP minimal 80 persen.

Selain itu Bupati Landak juga mengatakan salah satu upaya yang di lakukan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Landak adalah terus melakukan rehabilitasi bangunan sekolah yang ada di daerah pedalaman maupun meningkatkan kualitas tenaga guru yang ada.
"Upaya yang sudah kita lakukan adalah selain melakukan program Wajar, kita juga sudah berupaya meningkatkan kualitas tenaga guru yang ada, termasuk melakukan rehabilitasi gedung sekolah yang ada. saya pikir untuk tahun 2009 ini 40 gedung sekolah itu sudah selesai di rehabilitasi,"kata ketika memberikan kata pengantar dalam Seminar Sosialisasi dan Asistensi Percepatan penuntasan Wajar (SAP2WP) Pendidkan Dasar Sembilan Tahun di aula Kantor Bupati Landak Jum’ at (17/07), kemarin.
Kegiatan yang di ikuti oleh para guru dan kepala Dinas yang ada di lingkungan Pemkab Landak itu juga di hadiri oleh Narasumber dari Untan Pontianak.
Di sisi lain menurut mantan Kadis Pendidiikan Kabupaten Landak ini, Pemda juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa Unversitas di Indonesia untuk memberikan peluang kepada para guru untuk meningkatkan kualitasnya sebagai tenaga pendidik.
Menurutnya terkait dengan penuntasan Wajar 9 Tahun ini Seraya meminta dukungan dari seluruh masyarakat serta elemen yang ada maupun lembaga di samping upaya pemerintah daerah yang berharap dapat segera tuntas.
"Namun demikian hal ini tidak terlepas dari kemauan dan kesadaran orang tua dan masyarakat untuk mendidik anak-anaknya. karena sampai saat ini masih ada orang tua yang kurang mendukung anaknya untuk bersekolah,"ujarnya sehingga hal ini yang harus di pahami oleh berbagai pihak. karena bagaimanapun upaya pemerintah yang ada di daerah ini memang sudah cukup karena seperti di SMP selain pembangunan SMP yang reguler Pemda Landak juga sudah membangun SMP 1 atap yang tujuannya adalah untuk mensiasati program wajar 9 tahun.
di katakannya untuk pendidikan Sekolah dasar jangan sampai ada yang memungut biaya sekolah sedikitpun karena biaya di tingkat SD itu sudah ada Biaya untuk oprasional Sekolah (BOS).
"Untuk SD ini jangan sampai ada yang membebankan biaya kepada pihak orang tua murid karena semua biaya itu sudah ada di BOS ini yang kita minta," harapnya.
Kendati sejauh ini Pemda Landak juga sudah akan melakukan kelompok belajar bagi masyarakat yang buta aksara. terutama di daerah atau kelompok pemukiman di daerah pedalaman. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Tahun 2009 Wajar 9 Tahun Diharapkan Tuntas"


Powered by www.tvone.co.id