Landak Juara I Lomba Masak Tradisional

07.47 Diposkan oleh HERI IRAWAN

NGABANG – Berbekal modal resep makanan tradisional dari Kalimantan Barat (Kabupaten Landak). Menghantar tim ini berhasil keluar menyabet Juara I. Dalam Lomba Masakan Tradisional Khas Daerah, di Pameran Pangan Nusa ke-4 tahun 2009, yang bertempat di Plenary Hall Jakarta Center Jakarta (JCC), Jumat (7/8). Bukan itu saja Kalimantan Barat dinobatkan sebagai Juara Umum, karena selama 2 tahun berturut-turut meraih Juara I dalam lomba Masakan Tradisional. Tahun 2008, Kalimantan Barat ketika itu diwakili Kabupaten Bengkayang.
Pameran Pangan Nusa 2009 mengangkat tema Citarasa Kreativita ini diselenggarakan mulai tanggal 6 hingga 9 Agustus 2009. Pameran juga dilakukan sebagai upaya mendorong gerakan `100 Persen Cinta Indonesia` yang diselenggarakan bersamaan dengan Pameran Ekonomi Kreatif atau Virus K.

Dikatakan ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Landak Ny. Maria Bernadeta Adrianus, kali ini tim menampilkan makanan yang punya ciri khas Kabupaten Landak. Dimana masakan tradisional khas daerah itu seperti, sup jamur sawit, lauk ikan masak dalam bambu buluh, lauk nabati pepes tahu rebung yang dimasak dalam kantong semar untuk sayur-sayuran pakis hijau, dan semuanya khas tradisional Kalbar dari Kabupaten Landak.
Harapan menjadi Juara I ini, bahkan menjadi kenyataan, pernah diungkapan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat Ny. Frederika Cornelis, saat meninjau persiapan tim lomba masakan tradisional daerah Kalbar yang berlangsung di Pendopo Gubernur, Minggu (2/8).
Dalam arahannya beliau menyatakan Kalbar sebagai peserta, karena kabupaten Bengkayang pernah meraih prestasi nasional Juara I tahun 2008, katagori Lomba Masakan Tradisional. Dan pada tahun 2005 memperoleh Juara I lomba Masak Makanan Serba Ikan dari Kabupaten Landak, yang dilaksanakan di Provinsi Bali. Dan berharap, mudah-mudahan lomba kali ini Kalbar Juara I kembali.
“Itu menjadi kenyataan dan berkat doa masyarakat Kabupaten Landak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya, dan yang terpenting berkat Ridho Tuhan Yang Maha Esa, ” katanya berucap terima kasih, via telpon Minggu lalu di Jakarta.
Ibu tiga anak ini juga menambahkan jika tahun depan 2010, Kalimantan Barat berhasil meraih Juara I, maka Kalbar akan mendapat Piala Tetap, karena selama 3 tahun berturut-turut mendapat Juara I Lomba Masakan Tradisional.
Sementara itu, acara lomba memasak makanan tradisional ini digelar dalam rangka memeriahkan Pemeran Pangan Nusa ke-4 tahun 2009. Yang telah dibuka langsung oleh Ibu Negara RI, Ani Bambang Yudhoyono dan berlangsung dari tanggal 6-9 Agustus 2009.
Untuk hasil juara masakan tradisional, Juara I: Provinsi Kalimantan Barat (Kabupaten Landak) nila 2.795, disusul Juara II: Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) nilai 2.775, dan Juara III: Provinsi Jambi. Sedangkan Juara Harapan I: Provinsi Kalimantan Timur, Juara Harapan II: Provinsi Sulawesi Utara (Kabupaten Buton) dan Juara Harapan III: Provinsi Kalimantan Timur (Kabupaten Kutai Barat). (wan)

You can leave a response, or trackback from your own site.

1 Response to "Landak Juara I Lomba Masak Tradisional"

  1. Susana Cornelia Said,

    Slamat Buat Ibu Frederika Cornelis, S.Pd., Ibu Maria Bernadetha Adrianus dan Ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak yang telah berhasil menjadi Juara I tingkat Nasional dalam Lomba Masak di JCC pd tgl 6 - 9 Agustus 2009 yang lalu.

    Posted on 20 Agustus 2009 20.45

     

Powered by www.tvone.co.id