CWSHP Tidak Seperti Proyek-Proyek Lain

16.06 Diposkan oleh HERI IRAWAN
UNTUK menetapkan Desa yang akan mendapatkan program CWSHP dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Landak, memang bukan asal tunjuk saja. Pertama-tama Dinkes Landak akan mengadakan road show ke masing-masing Desa. Dalam road show inipun tentunya masyarakat setempat harus menyediakan penginapan bagi tim road show dan ada juga partisipasi inkes serta inkai. “Kalau memang semuanya itu tidak siap, kita tidak bisa memaksa bahwa Desa bersangkutan harus mendapatkan program CWSHP. Sebab proyek CWSHP ini tidak seperti proyek-proyek lain. Artinya dana yang dikeluarkan langsung diturunkan 100 persen,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Landak Sophia Tjakre yang ditemui belum lama ini di kantornya.

Menurutnya, untuk proyek CWSHP ini tentunya akan diminta partisipasi dari masyarakat sebesar 40 persen dari inkes dan inkai. Dalam arti masyarakatpun mengeluarkan anggaran untuk pelaksanaan proyek tersebut. “Kegiatan itu memang kita bantu. Nah, kenapa ada partisipasi dari masyarakat? Hal ini diperuntukan guna memancing masyarakat lain supaya pemeliharaan hasil proyek tidak tergantung kepada pemerintah dan masyarakatpun merasa memiliki hasil proyek tersebut,” ungkapnya.
Oleh karena itu bagi Desa Parek Kecamatan Air Besar yang masih minim akan sarana air bersih sehingga ada balita yang meninggal dunia akibat mengkonsumsi air tidak layak pakai, masyarakat tentunya harus meminta proyek CWSHP ini. Sebab pada tahun 2011 mendatang ada 60 Desa yang akan mendapatkan proyek tersebut. “Kemarinkan baru 5 sampai 6 Desa, tahun ini kita dapat 12 Desa, tahun depan kita dapat lagi. Jadi kita tetap mengutamakan Desa yang belum tersentuh sama sekali dengan proyek sarana air bersih,” katanya. (wan)




You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "CWSHP Tidak Seperti Proyek-Proyek Lain"


Powered by www.tvone.co.id