Akhir Oktober Kegiatan Prona BPN Landak Selesai

16.02 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Salah satu produk Unggulan BPN (Badan Pertanahan Nasional) yang di salurkan kepada masyarakat adalah Program Nasional (Prona) ternyata sangat memberikan mmanfaat besar bagi masyarakat. Khususnya di Daerah Kabupaten Landak, program ini sudah memberikan sumbangsih yang cukup besar kepada masyarakat terutama terhadap sertifikat tanah dengan harga yang sangat terjangkau.
Menurut penuturan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Landak Drs. Domdom Pangaribuan kepada Kapuas Post Kamis kemarin di ruang kerjanya mengungkapkan, program ini memang sudah cukup lama di berikan hanya saja kalau mengenai jumlah peserta prona khusus di Kabupaten Landak ini masih belum di katakan berapa jumlahnya karena kegiatan ini sudah lama bahkan sejak Landak masih menjadi bagian dari Kabupaten Pontianak kegiatan Program Prona ini memang sudah ada.

“Kalau mengenai berapa prosentasenya memang tidak dapat kita kataka berapa jumlah masyarakat Kabupaten Landak yang sudah memiliki sertifikat dari program ini. Tetapi yang jelas, sampai saat ini belumlah begitu banyak artinya kalau kita bandingkan dengan jumlah penduduk di Landak ini masih belum seberapa,” tuturnya.
Dia menyatakan kegiatan ini adalah merupakan salah satu kegiatan yang sipatnya berkesinambungan sehingga dari tahun ke tahun akan selalu ada hanya jumlahnya saja yang belum di ketahui berapa jumlah untuk Landak pada tahun 2010 mendatang.
Sedangkan untuk kegiatan Prona para tahun 2009 ini untuk daerah Kabupaten Landak umumnya sudah selesai bahkan ada di antaranya sertifikat tanah milik masyarakat yang sudah di serahkan.
“Kalau mengenai kegiatan Prona kita untuk tahun anggaran 2009 ini sudah selesai bahkan ada sertifikat milik masyarakat yang sudah kita serahkan.
Dan memang sudah kita targetkan pada bulan oktober ini sudah harus selesai,” tuturnya.
Ditempat yang sama Kepala Seksi HTPT Rudi Agustiawan yang di dampingi Ridwan Sukarmin Kasub Seksi pendaftaran Tanah BPN Kabupaten Landak mengungkapkan,, mengenai kegiatan ini memang sudah lama di lakukan oleh Pemerintah sehingga mengenai seberapa banyak jumlah masyarakat yang sudah memiliki sertifikat dari program ini belum di ketahui berapa jumlahnya lataran program ini sudah ada sejak Landak belum jadi Kabupaten.
“Kalau untuk tahun 2006 jumlah peserta prona di Kabupaten Landak jumlahnya 300 persil, Tahun 2007 jumlahnya 1000 persil, Tahun 2008 jumlahnya 600 persil sedangkan jumlah tahun 2009 ini jumlahnya sebanyak 600 persil. Dan ini sipatnya berkelanjutan setiap tahun selalu ada. Hanya saja untuk tahun 2010 nanti jumlahnya kita belum tahu berapa,” ungkapnya.
Dikatakannya jumlah yang ada hanya dari tahun 2006 sampai tahun 2009 saja sedangkan sebelumnya kegiatan ini memang sudah di laksanakan. Menurutnya belum lagi dengan jumlah yang ikut kegiatan atau program lain seperti Redis (sertifikasi Lahan Pertanian yang jumlahnya pada tahun 2007 sebanyak 100 perisl tahun 2008 sebanyak 1000 persil dan untuk tahun 2009 sebanyak 1001 persil.
Dikatakannya juga, kalau di lihat dari kegiatan yang sudah di lakukan memang sudah cukup banyak tetapi jumlah tersebut di perkirakan belum seberapa, jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Landak sudah memiliki Sertifikat.
“Kondisi inikan di sebabkan topograpi wilayah artinya kalau beberapa waktu lalu hanya masyarakat kita yang ada di luar saja yang dapat terjangkau sehigngga masyarakat kita yang jauh di pedalaman sana ini masih belum terjangkau. Sedangkan kalau untuk saat ini, di manapun letak daerahnya akan kita laksanakan. Karena memang sudah tugas dan tanggung jawab kita untuk melayani masyarakat,” tuturnya.
Kedepannya, masyarakat diharapkan akan dapat merasakan menfaat dari kegiatan prona walapun di dearah pelosok sekalipun. “Yang harapkan adalah lahan yang sudah di sertifikatkan ini akan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat itu sendiri selain sudah kepemilikan tanah ini sudah sah secara hukum. Lahan yang di miliki oleh masyarakat juga di harapkan untuk dapat di kelola dan jangan sampai lahan yang di miliki itu hanya menjadi lahan tidur yang tidak memberikan kontribusi apa-apa kepada pemiliknya,” tandasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Akhir Oktober Kegiatan Prona BPN Landak Selesai"


Powered by www.tvone.co.id