Bupati Exspose Pariwisata Keluar Negeri

06.57 Diposkan oleh HERI IRAWAN

Kuncinya Terletak Pada Promosi
NGABANG - Menyambut Tahun Kunjungan Wisata Kalimantan Barat Tahun 2010. Semua kabupaten berlomba-lomba menyiapkan dunia pariwisata dan kebudayaanya. Tak terkecuali, Kabupaten Landak sudah jauh hari menyiapkan kunjungan wisata itu. Malah baru-baru ini, Bupati Landak DR. Adrianus AS, bersama rombongan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, melakukan lawatan di negara Kangguru yakni Australia. Kunjungan itupun tidak disia-siakan orang nomor satu di Kabupaten Landak ini. Dalam kesempatan berbahagian itu, dihadapan petingi Australia, ia mengexspose potensi sumber daya alam yang dimiliki Bumi Intan.

”Sebenarnya untuk diluar negeri, mereka mudah mengenalkan pariwisata atau sumber daya alam yang mereka miliki. Kuncinya terletak pada promosi atau, dimanapun dan apapun bentuknya adalah promosi,” kata Adrianus, disela-sela upacara HUT Sumpah Pemuda Ke-81, belum lama ini di Ngabang.
Dicontohkan mantan Asisten II Landak ini, adalah Kota Melbourene
bagian daerah Victoria negara Australia. Wisata mereka disana saya lihat sangat luar biasa, padahal apa yang mereka suguhkan itu hal yang biasa dan tidak ada yang istimewa, misalnya binatang Pinguin pulang dari laut. ”Pemandangan ini ditonton beribu-ribu orang, dan bayangkan tiket masuk itu 2,5 $, bila dikalikan sekian ribu orang, sudah berapa pendapatan daerah mereka. Promosi mereka ini ada imana-mana, begitu juga dengan binatang Koala, atau Kangguru hanya dua atau lima ekor, ” jelas ayah tiga anak ini.
Menyinggung untuk Daerah Kabupaten Landak? Diakui bupati, banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak dunia pariwisata dan kebudayaan kita. Salah satu yang harus kita lakukan adalah sesering mungkin promosi ke berbagai belahan dunia, seperti Air Terjung Manangar, dan yang akan kita kemas dengan baik saat ini, mengemas cara mendulang intan, menjadi aset pariwisata kita Kabupaten Landak. ”Kita mintalah kawan-kawan pers tolong dipromosikan, bahwa daerah kita nanti akan ada paket wisata mendulang intan,” pinta manan Kadis Pendidikan Landak ini.
Selain itu fator yang menentukan keberhasilan dunia pariwisata adalah agen atau biro perjalanan wisata. Lemahanya kita disitu, belum ada yang tergerak untuk berusaha dibidang jasa pariwisata ini sebagai industri, masyarakat hanya berangapan kegiatan ini tidak mendatangkan pendapatan. ”Justru itu keliru, diderah maju ada agen biro perjalanan pariwisata,” tukasnya.
Bupati menambahkan, padahal pariwisata ini tidak berimbas terhadap kerusakan alam atau merugikan manusia, sebaliknya kegiatan ini positif dan mendatangkan banyak uang. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bupati Exspose Pariwisata Keluar Negeri"


Powered by www.tvone.co.id