P2KP Advance Lakukan Pelatihan

07.23 Diposkan oleh HERI IRAWAN
Ciptakan Lapangan Kerja,Tingkatkan Keterampilan Masarakat
NGABANG – Kegiatan pelatihan Tatarias Wajah dan rambut serta pelatihan meubel yang di lakukan oleh BKM Sidan Membagun yang bertempat di TK Pembina Desa Hilir Kator kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, adalah merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan keterampilan yang di miliki oleh masyarakat.
Kendati keterampilan tersebut ke depannya akan dapat di gunakan oleh masyarakat terutama di bidang usaha.

“Tujuan pelatihan ini adalah kita ingin agar masyarakat kita yang masih kurang berdaya ini dapat berdaya. Karena bermodal dari pelatihan ini, masarakat akan dapat menciptakan peluang usaha baru dengan harapan agar dapat menambah penghasilan,” ujar Bambang Sugianto, Tim Korkot P2KP Kabupaten Landak yang di dampingi Walani Ketua UPK BKM Sidas membangun, di sela-sela kegiatan pelatihan di TK Pembina, Senin (23/11), kemarin.
Dijelaskannya, kegiatan yang di ikuti oleh empat Desa tersebut masing-masing Desa Sidas selaku Pakem penyelenggara, Desa Tebedak,Hilir Tengah dan Desa Hilir Kantor.
Dalam kegiatan pelatihan tersebut menurutnya, terdiri dari dua bagian yaitu pelatihan tata rias rambut dan wajah perempuan dan laki-laki dan pelatihan meubel membuat meja,kursi dan lemari dari bahan kayu.
“Kegiatan inikan di kordinir oleh Pakem dari Desa Sidas dan ini sudah kesepakatan mereka. Karena kalau pelatihan tat arias wajah dan rambut ini di ikuti oleh 2 Desa, Desa hilir kantor,Sidas, Hilir tengah dan Desa Tebedak, sedangkan yang mengikuti pelatihan meubel ini desa, Desa Sidas, H.Tengah dan H.Kantor,” terangnya.
Kegiatan tersebut di hadiri oleh Camat Ngabang, dan Sengah Tamila, Kades Hilir Tengah, Hilir Kantor, Tebedak dan Kades Sidas, beserta Pokja Paket P-2KP Advence Kecamatan Ngabang dan Kabupaten Landak, Fasilitator, serta Instansi terkait lainnya dan dibuka oleh Agustinus Agus, Kadis Sosnaker Kabupaten Landak.
Bambang menjelaskan, kegiatan pelatihan yang di laksanakan tersebut di ikuti oleh 60, 45 orang perempuan dan 15 orang laki-laki untuk pelatihan tat arias wajah dan rambut. Sedanbgkan pelatihan meubel di ikuti oleh 50 orang laki-laki yang berasal dari ke 4 Desa tersebut.
Dengan demikian katanya pelatihan yang akan di laksanakan dari tanggal 23-25 tersebut akan dapat bermempaat bagi masyarakat karena inti dari kegiatan ini adalah agar masyarakat dapat membuka peluang usaha terkait dengan keterampilan yang sudah di dapatkan.
Selain itu seraya menambahkan kegiatan ini jua merupakan kegiatan untuk mensinergiskan program kegiatan masyarakat melalui wadah BKM dengan pemerintah daerah dan pihak-pihak peduli dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Sedangkan tujuan di laksanakan pelatihan ini agar memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada warga kurang mampu dalam tat arias wajah dan rambut dan permubelan yang masih sangat minim di daerah ini.
“Kita juga ingin memberdayakan potensi SDM dan SDA daerah kita yang ada khususnya di Landak ini serta mendorong terbukannya peluang usaha baru bagi warga yang kurang mampu khususnya dalam bidang penatariasan wajah,rambut maupun permubelan.
Sehingga harapnya dengan di laksnakannya kegiatan ini maka warga yang kurang mampu dapat memiliki kemampuan serta pengetahuan dan keterampilan di bidang ang sudah di latih. Dan warga yang kurang mampu juga di harapkan juga kan dapat memiliki peluang untuk mengembangkan usaha sesuai dengan apa yang sudah di pelajari yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pendapatan keluarga khususnya masyarakat yang sudah dapat berdaya.
Sementara itu Kadis Sosial dan tenaga Kerja Kabupaten Landak Agustinus Agus juga mengatakan, kalau kegiatan ini adalah merupakan kegiatan yang cukup baik, di mana kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang akan dapat memotifasi masyarakat dalam rangka mengembangkan diri serta membuka lapangan kerja. Sehingga apa yang sudah di lakukan tersebut akan dapat bermempaat terutama untuk menambah pendapatan keluarga atau masyarakat.
“Kegiatan ini akan dapat membuka peluang usaha bagi kita karena lewat pelatihan seperti ini artinya akan membuka cakrawala sebuah peluang usaha baru bagi masyarakat untuk mengembangkan diri,” tuturnya.
Ia berharap agar pelatihan ini dapat dikembangkan oleh masing-masing peserta bukan hanya di ikuti semata melainkan harus dapat di lanjutkan. Karena kalau hal ini hanya di ikuti saja maka apa yang saudah di dapatkan ini tidak akan dapat berkembang bahkan tidak memberikan mempaat sesuai dengan yang diinginkan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "P2KP Advance Lakukan Pelatihan"


Powered by www.tvone.co.id