Ukur Keberhasilan Peserta Didik

16.45 Diposkan oleh HERI IRAWAN

UNAS Tetap di Penting di Laksanakan
NGABANG - Terkait dengan pro dan kontra terhadap pelaksanaan Unas (Ujian Nasional) pada dunia pendidikan. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Landak Aspansius mengatakan, Ujian Nasional mutlak diperlukan dan ini merupakan salah satu hal yang sangat penting harus dilaksanakan. Karena Ujian itu sendiri adalah merupakan alat untuk mengukur secara Nasional tentang hasil pembelajaran para peserta didik pada tingkat terakhir masing-masing pada tingkat satuan pendidikan.
"Memang kalau dari Depdiknas ini tetap memandang penting adanya Unas. tetapi di lain pihak juga ada yang mengatakan kalau ujian Nasional ini merupakan salah satu hal sedikit kurang tepat untuk mengakhiri keberadaan siswa pada satu sekolah karena ini tadi adalah program Nasional, sebagaimana kita di daerah ini juga harus mengikuti program dari pada Nasional yang sudah di tetapkan karena sipatnya itu wajib," tuturnya kepada awak koran ini, Jumat, kemarin.


Dia mengatakan pelaksanaan Unas itu tidak dapat di hilangkan dan ada anggapan yang menyebutkan Unas ini merupakan alat untuk mengeksekusi anak lulus atau tidaknya, maka dari itu, katanya mengenai unas bukan harus di tiadakan melainkan sistemnya saja yang harus di rubah, serta perubahan tersebut harus berkaca pada pelaksanaan Unas yang sudah di laksanakan.
"kalau pemikiran kita kenapa ada ijuan Nasional, itukan standarisasi terhadap hasil belajar siswa itu secara Nasional untuk menamatkan siswa itu sendiri dari satuan pendidikan masing-masing,"paparnya.
kendati katanya kalau saja hal ini tidak di laksanakan, maka ini akan dapat menimbulkan keraguan, bahkan akan sangat berpotensi menimbulkan diskriminasi atau akan terjadi perkotak-kotakan di mana katakanlah pada satu daerah apabila anak akan melanjutkan pendidikan ke daerah lain yang kemungkinan sekolah itu memiliki nama sekolah terbaik maka ini akan terjadi kesulitan bahkan akan dapat di tolak.
"Memang beginikan sangat sulit, bahkan apalagi ada yang memiliki pemikiran kalau ujian itu harus di laksanakan berdasarkan kondisi sekolah termasuk sarana dan prasarana sekolah,ketenagaan atau tingkat-tingkatnya itu di bedakan, sebenarnya mengenai Ujian Nasional itukan sudah di kaji bahkan ada pada pemetaan pendidikan yang selama ini sudah di lakukan karena Unas itu sendiri merupakan alat untuk melakukan pemetaan hasil pendidikan," ungkapnya seraya mengatakan dari pelaksanaan tersebut, pelaksanaan Unas itu sendiri di lakukan berdasarkan hasil dari pemetaan yang dilakukan dan sudah dikaji.
Selain itu ia juga mengatakan, ada pendapat yang juga mengatakan kalau ujian Nasional ini dapat di lakukan berdasarkan tingkatan sekolah misalnya apabila sekolah tersebut akreditasinya A maka ujiannya di lakukan secara Nasional sedangkan kalau B cukup di laksanakan oleh tingkat propinsi sedangkan kalau akreditasinya C cukup rung lingkupnya Kabupaten atau kota, sehingga katanya kalau memang hal semaca ini di lakukan maka ini akan terjadi diskriminasi terhada peserta didik. karena menurutnya pada prinsipnya pendidikan itu adalah Memanusiakan Manusia sehingga ujian Nasional bukan di tiadakan tetapi pelaksanaannya saja yang perlu di sempurnakan.
"Bagi kita ujian Nasional itu sangat perlu, karena pada pelaksanaan Unas itu bukan semua mata pelajaran yang di ujikan tetapi ata beberapa saja yang di ujikan," tuturnya.
Ujian Nasional itu sendiri adalah merupakan salah satu media untuk mengetahui dari pada mutu sekolah serta Ujian Nasional itu juga merupakan alat untuk melakukan motivator kepada sekolah untuk menimbulkan Nilai yang lebih baik dalam arti untuk menciptakan daya saing terhadap sesama sekolah sehingga apabila ada sekolah yang tidak mau melakukan berbagai upaya dan terobosan, maka sekolah itu sendiri akan tergilas oleh sekolah yang mau melakukan upaya agar sekolah itu lebih baik.
Untuk itu katanya mengenai ujian Nasional ini tetap masih akan di lakukan oleh pemerintah kendati hal ini merupakan hal yang sangat penting. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Ukur Keberhasilan Peserta Didik"


Powered by www.tvone.co.id