Pilkada Landak Tahun 2011

09.47 Diposkan oleh HERI IRAWAN
Syahdin L Nyarong Siap Maju Jadi Cabup
NGABANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Landak memang masih lama pada tahun 2011. Tetapi gaung siapa-siapa yang akan maju menjadi calon orang nomor satu di Bumi Intan ini, sudah mauli terasa. Jika, sebelumnya Adrianus Asia Sidot, yakni incumbet saat sekarang sudah menyatakan siap maju kembali untuk jadi bupati Landak.
Tidak salah jika ada calon lain menyatakan kesiapannya untuk bertarung bersama mantan Kadis Pendidikan Landak ini pada Pilkada tahun 2011 mendatang.

Tidak salah jika ada calon lain menyatakan kesiapannya untuk bertarung bersama mantan Kadis Pendidikan Landak ini pada Pilkada tahun 2011 mendatang.
Ia tidak lain Pdt. Syahdin L Nyarong, M.Th, mantan anggota KPUD Kabupaten Landak perode 2004-2009 menyatakan kesediannya maju sebagai Calon Bupati periode 2011-2016. “Sebagai salah satu putra terbaik Kabupaten Landak, tidak salah jika saya maju mencalon diri Pilkada Landak tahun 2011,” kata pria yang dikenal low profil ini, dan bergaul semua orang tidak membedakan suku maupun agama.
Tekad Syahdin, yang suku homor ini, bukan hanya sekedar maju saja, tetapi keinginan kuatnya itu telah ia buktikan dengan melakukan sosialiasi ke berbagai daerah pedalaman Kabupaten Landak. Dan bukan tidak mungkin, katanya, atas ijin Tuhan Yang Maha Esa, ia bisa maju bersama kandidat/calon bupati lainnya. “Secara pribadi atas nama pribadi saya siap maju sebagai calon bupati. Saya juga punya komitmen, bagaimana kedepan Kabupaten Landak ini bisa sejahteran, baik di dunia maupun di akhirat,” kata Ketua Alumni STII Universitas Kristen Imanuel (UKI) Yogyakarta Kalbar.
Menyangkut perahu mana yang akan ia gunakan? Pengurus Komite Sekolah Makedonia Landak ini tidak menapik, kalau maju setidaknya ada mengunakan partai politik atau istilahnya perahu. Namun, ia berbesar hati, sekarang ini bisa saja maju dari independen. “Independen tidak dilarang, di Kalbar saja, sudah ada yang menang Pilkada KKR,” katanya.

Pria peramah ini mengemukakan, apabila masyarakat Landak memilihnya sebagai Bupati untuk periode lima tahun ke depan, dia akan memprioritaskan pembangunan di dua sektor, yakni, pertanian dan pariwisata. Ia melihat pembangunan kedua sektor ini belum maksimal.
Makanya, sebagai generasi muda yang ingin perobahan, dirinya akan memfokuskan perhatian kepada kedua sektor tersebut, dengan memberdayakan seluruh potensi masyarakat Landak.
Di bidang pertanian misalnya, akan diundang investor nasional dan internasional, khususnya yang tertarik di bidang ini, karena penanganan pertanian tidak cukup hanya masalah penananam dan pupuk, tetapi paling penting bagaimana mengatasi pasca panen hasil pertanian.
Khusus penanganan pasca panen, dibenaknya muncul keinginan untuk membentuk kawasan industri pertanian. Apabila produk atau hasil pertanian memuaskan, karena sudah dibenahi dari segi teknologi, maka pasca panen juga harus bisa ditangani dengan baik khususnya menyangkut harga jual.
Kawasan industri pertanian tersebut harus dilengkapi sarana dan prasarana, seperti alat pendingin bagi produk sehingga tidak gampang rusak, apabila disimpan dalam jangka waktu tertentu. Setiap petani, dimungkinkan memanfaatkan “alat penimpanan” dengan cara sewa murah dan berhak menjualnya ke pasaran, apabila harga sudah dinilai sesuai dengan harapan dan keinginannya. Bukan seperti yamg terjadi selama ini, para petani selalu menjadi korban para tengkulak karena terpaksa menjual produknya dengan harga murah kepada para pedagang, karena tidak bisa menahan produk.
Untuk “menghidupkan” kawasan industri tersebut, semua pengusaha akan diajak memanfaatkannya secara bersama-sama guna membangun ekonomi regional Landak. Jika hal ini terwujud, selain akan menyerap tenaga kerja dengan jumlah banyak juga menciptakan pertumbuhan ekonomi perdagangan yang semakin baik. Di lain pihak, apabila kawasan industri pertanian terbentuk, dan masalah pasca panen bisa ditangani, maka jalur ekspor akan terbuka lebar karena hasil pertanian bisa “disimpan” dengan baik dalam jangka waktu tertentu. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pilkada Landak Tahun 2011"


Powered by www.tvone.co.id