Anggaran Belum Cair, Pembangunan Menggantung

06.35 Diposkan oleh HERI IRAWAN

KLEMEN Apui dalam keterangannya mengatakan bahwa pembangunan pasar dengan bantuan dari kementerian perdagangan RI memiliki prinsip tepat sasaran. Sehingga dapat memberdayakan perekonomian.
“Bukan sekedar mencari lokasi baru untuk perdagangan pasar, namun juga harus bisa efektif bagi masyarakat,” jelasnya Wakil Ketua DPRD Landak kemarin.
Diakuinya bahwa DPRD Landak sejauh ini tidak pernah dilibatkan dengan rencana pembangunan pasar tersebut. Bahkan informasinya hanya sekedarnya saja, dan itu karena cari sendiri.
Ia juga mengatakan bahwa keberadaan usaha masyarakat sejauh ini belum terkelola dengan baik. Seperti misalnya kasus PKL, seharusnya untuk pemindahan tetap memegang asas kepatutan dengan menyediakan tempat baru yang layak.

Klemen juga berharap nantinya pasar nantinya akan terlihat lebih layak, bersih, nyaman dan ditata dengan baik sehingga menarik bagi konsumen dan meningkatkan penghasilan bagi pedagang maupun pengelolanya.
“Jika kondisi pasar terjaga dengan baik, maka konsumen akan senang datang dan akan menambah pendapatan para petani sebagai penyuplai barang. Perlu diingat bahwa pasar bukan sekedar tempat jual beli, didalamnya ada interaksi sosial masyarakat. Jadi bukan sekedar bernilai ekonomi, tetapi juga sosial dan budaya,” timpalnya.
Lebih lanjut ia menyinggung soal perencanaan pembangunan pasar di terminal Ngabang oleh pemerintah daerah kabupaten Landak.
“Pemda sudah dapat bantuan Rp. 10 miliar dari pemerintah pusat, yang akan ditunggu adalah kapan pembangunannya. Lalu bagaimana juga dengan para pedagang makanan, dan kue di lapangan bardan Ngabang, apakah permanen atau tidak, makanya saya pertanyakan kalau tidak permanen kapan mereka akan dibangunkan tempat yang layak,” katanya lagi.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan perdagangan Kabupaten Landak, Marius saat dikonfirmasi Pontianak Post mengatakan bahwa dana bantuan dari pusat sebesar Rp. 10 miliar tersebut masih diproses di kanwil anggaran. Jadi belum bisa menetapkan jadwal pelaksanaannya. (sgg)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Anggaran Belum Cair, Pembangunan Menggantung"


Powered by www.tvone.co.id