Landak Akan Buat Terminal Bongkar Muat di Air

09.36 Diposkan oleh HERI IRAWAN

*Bupati Tanggapi 3 Raperda Retribusi
NGABANG-Penyampaian 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Landak tentang Raperda retribusi jasa umum, Raperda retribusi jasa usaha dan Raperda retribusi perizinan tertentu, Kamis (7/4) sudah masuk ke jawaban Bupati Landak terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Landak. Jawaban tersebut disampaikan langsung Bupati Landak Adrianus Asia Sidot dalam rapat paripurna yang berlangsung di ruang sidang DPRD Landak.
Dalam jawabannya, Bupati mengatakan ketiga Raperda ini memang sangat penting demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Landak. Diharapkan dengan adanya ketiga Raperda tersebut bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berfungsi untuk membiayai pembangunan di daerah Landak. “Dengan demikian dengan modal yang dimiliki dari PAD sendiri, daerah akan dapat membiayai kegiatan-kegiatan pembangunan Pemerintahan dan pembinaan masyarakat Landak yang lebih sejahtera,” ujarnya.
Bupati lantas menanggapi adanya pertanyaan dari fraksi di DPRD Landak tentang efektifitas retribusi penyeberangan di air yang dikaitan dengan kondisi wilayah di Landak. “Memang benar wilayah Landak tidak memiliki pantai atau laut. Namun kita mengetahui bahwa wilayah di Landak ini dialiri oleh beberapa sungai besar seperti sungai Landak yang memungkin adanya fasilitas tempat penyeberangan atau steher,” katanya. Kemudian lanjutnya, seperti di Kecamatan Sebangki yang juga memiliki aliran sungai yang menghubungi Kota Pontianak. “Untuk ke depan tidak menutup kemungkinan sungai-sungai besar di Landak ini nantinya akan dibangun tempat bongkar muat barang. Apalagi ada salah satu perusahaan yang melakukan survey di sungai Landak. Perusahaan itu akan memanfaatkan sungai Landak untuk pengangkutan hasil bauksitnya. Jika nantinya dibangun tempat bongkar muat khusus hasil bauksit ini, tidak menutup kemungkinan bisa ditarik retribusi ditempat tersebut,” jelasnya.
Ia mengakui bahwa daerah Landak ini memang merupakan daerah yang berkembang. Namun nampaknya memang kecil kemungkinan untuk membangun tempat bongkar muat barang di jalur sungai. “Sebab perhubungan darat relatif lebih lancar dibandingkan dengan sungai. Apalagi kondisi sungai yang kita miliki mulai dangkal. Tapi melihat perkembangan-perkembangan yang ada, untuk ke depan tidak menutup kemungkinan perusahaan yang ada di Landak ini mau membangun tempat bongkar muat dialiran sungai,” katanya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Landak Akan Buat Terminal Bongkar Muat di Air"


Powered by www.tvone.co.id