Amti Mekarkan Dusun

15.03 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- PADATANYA jumlah penduduk di desa Amboyo Inti (Amti) (Kecmatan Ngabang, memberikan peluang kepada masyrakat untuk melakukan pemekaran dusun. Munculnya wacana pemekeran dusun di respon positif oleh kepala desa Amboyo Inti, Candra Sunardi, setelah berkonsultasi dengan masyarakat, pengurus desa, pengurus BPD dan undangan lainnya. Akhirnya pada tanggal 8/03, bertempat di kantor Desa Amboy Inti (masih mengunakan rumah warga, red), dilaksanakan rapat desa membahas tentang pemekaran dusun.
Dalam penjelasan yang disampaikan oleh kepala desa bahwa empat dusun di Desa Amboyo Inti, yaitu Dusun Ampar Saga I, Ampar Saga II, Gasing Pal 10 dan Jamai, dipecah menjadi sembilan dusun. “Kusus pecahan Dusun Ampar Saga I, yaitu Dusun Ampar Saga I, Dusun Tengalong, Dusun Karuh dan Dusun Binjai di Km 3 Ngabang diwilayah sekitar kantor bupati baru Kabupaten Landak,” jelas Candra Sunardi
Dusun lainnya, lanjut Candra Sunardi, seperti Dusun Jamai, dipecah lagi menjadi tiga dusun, yaitu Dusun Jamai, Dusun Nek Temben dan Dusun Lipan.

“Dalam hal ini Amti layak di mekarkan karena padat penduduk, dimana untuk jumlah penduduk berdasarkan data desa, 6406 jiwa, dengan jumlah KK 1515 jiwa.
Pada kesempatan ini pula diungkapkan oleh Candra, bahwa proses pemekaran dusun, tetap memerlukan waktu , sehingga diharapkan masyarakat bersabar untuk menunggu hasil proses pemekaran yang akan diusulkan ketingkat kecamatan dan tingkat kabupaten. Harapan dengan adanya pemekaran dusun ini, lanjut Candra., bahwa rentang kendali pemerintahan desa akan semakin mudah. “Kita berharap ditahun 2008, ini pemekaran dusun bisa tercapai, apa lagi dari pihak Pemerintahan Desa memebrikan lampu hijau kepada kita,” tegasnya. (hers)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Amti Mekarkan Dusun"


Powered by www.tvone.co.id