Kedepan Semakin Berat

19.46 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- Seiring akan berakhirnya jabatan sebagai anggota KPUD Landak, periode 2003-2008, pada pertengahan bulan Juni mendatang. Ternyata putra putra terbaik Kabupaten Landak ini masih benyak menyimpan PR berat, guna menyukseskan Pemilu 2009. Adapun tugas-tugas beratnya salah satunya membentuk panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten.
Demikian dikatakan anggota KPUD Landak Drs. Theresia Masyono MG, kepada Kapuas Post, Kamis (15/5), kemarin diruang kerjanya.
Dikatakannya, dalam Penyampian Peraturan KPU No. 14 Tahun 2008 tentang Pedoman seleksi Calon Anggota Panwaslu Propinsi, Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan. Seluruh KPU di Indonesia, segera membentuk Kelompok Kerja (Pokja) seleksi anggota panitia Panwaslu Provisni/Kabupaten/kota. Kemudian menyiapkan dan melaksanakan seleksi calon anggota Panwaslu Provinsi/Kabupaten/Kota dengan berpedoman pada Peraturan KPU No. 14 Tahun 2008. “Ini program jangka pendeknya, kita mau berkoordinasi dengan KPU Propinsi Kalbar, kapan pengumuman rekrutmen tim seleksi Panwaslu, “ aku Theresia, didampinggi Ya’ Dedi Supriadi, SP.
Program selanjutnya, KPU diminta segera untuk membentuk PPK, PPS, dan Petugas Pemutahiran Data Pemilih. Dimana semua jadwal pembentukan itu sudah diatur oleh KPU Pusat.
“Kita minta para Camat, Sekcam dan Lurah untuk benar-benar melakukan penjaringan tenaga PPK, PPS, KPPS secara obyektif sehingga komposisi pelaksana pemilu di wilayahnya terdiri atas tokoh-tokoh masyarakat yang non partisan, memiliki kemampuan dan kewibawaan dalam menjalankan tugasnya,” harapanya.
Tak kalah penting tugas KPU kedepan, menjalin komunikasi efektif dengan seluruh ketua parpol agar tahapan pemilu dapat berjalan lebih lancar dan tertib, termasuk bekerjasama jajaran Panwaslu karena peranan pengawasan yang optimal sangat menentukan tercapainya pelaksanaan pemilu yang berkualitas sesuai dengan koridor peraturan perundangan.
Selain itu, bekerjasama dengan aparat keamanan demi lancarnya seluruh tahapan pemilu dari awal hingga selesai pelaksanaannya. Dan selalu merespon kritikan, aspirasi, saran dan pendapat dari masyarakat. Hal itu perlu dilakukan untuk lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilu sekaligus dapat meminimalisir kemungkinan ekses-ekses yang timbul. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kedepan Semakin Berat"


Powered by www.tvone.co.id