PNS Harus Mampu Memahami Tugasnya

16.04 Diposting oleh HERI IRAWAN

PEGAWAI Negeri Sipil (PNS) memainkan peranan sebagai motor atau mesin penggerak roda pemerintahan negara. Oleh sebab itu, PNS harus memiliki sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara serta bermoral, bermental baik, profesional dan memiliki rasa tanggung jawab tinggi dalam bekerja. Demikian ditegaskan Bupati Landak Drs Adrianus Asia Sidot Msi dalam penutupan Diklat Prajabatan Golongan I dan II di lingkungan Pemkab Landak, di BPLP Anjungan, Jumat (9/5) lalu.
“Prajabatan sebagai bagian dari proses pengadaan PNS adalah untuk mempersiapkan para CPNS dapat diangkat sebagai PNS penuh. Prajabatan merupakan kewajiban dari CPNS itu sendiri,” kata Adrianus.
Menurutnya, kegiatan prajabatan mempunyai makna yang strategis bagi para CPNS, karena upaya membentuk ke arah terciptanya sosok PNS yang mempunyai kompetensi dasar bagi pelaksanaan sebagai pelayan masyarakat. PNS juga unsur utama sumber daya aparatur negara yang mempunyai peranan sangat menentukan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan bangsa dan negara. “Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara sangat diruntut terhadap PNS,” anjur mantan Wakil Bupati Landak ini.
Adri, sapaan akrabnya mengatakan, dengan selesainya para CPNS Landak mengikuti Diklat Prajabatan, maka pemerintah daerah mempunyai harapan besar kepada mereka mendapatkan penilaian yang baik sehingga lulus untuk diangkat menjadi PNS penuh. Harapan Pemka juga ada PNS dapat menunjukkan komitmen dan integritas moral serta tanggung jawabnya. Selain itu, PNS harus berusaha secara maksimal untuk mewujudkan disiplin dan etos kerja yang baik.
“PNS harus mampu memahami tugas dan fungsi serta wewenangnya masing-masing sesuai dengan profesi kedinasannya,” tegas mantan Kepala Dinas Pendidikan Landak ini.
Selanjutnya, mereka dapat mengembangkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan rasa kebersamaan dalam mengemban tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan bangsa dan negara. Selain itu dapat menjadikan perekat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. “Serta mengutamakan pelaksanaan tugas pada pelayanan dan pengayoman masyarakat tanpa memandang latar belakang, suku, agama, ras dan golongan,” tegas dia. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "PNS Harus Mampu Memahami Tugasnya"


Powered by www.tvone.co.id