SMA Landak Kekurangan Guru

17.36 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Persoalan kekurangan tenaga guru yang pada sekolah yang ada di daerah Kabupaten Landak, memang tidak akan ada habisnya. Kendati hal ini merupakan wujud dari perkembangan daerah yang semakin pesat sehingga dari jumlah guru yang ada sekarang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pada bidang studi yang ada pada masing-masing sekolah.
Menurut Drs. Asoardi Ador, Ketua MKKS SMA Kabupaten Landak,Selasa (05/08/08), kemarin ketika di hubungi Kapuas Post mengatakan, secara umum kekurangan guru untuk SMA yang ada di Landak dapat mencapai sekitar 50 persen termasuk penyebaran tenaga guru yang juga tidak merata. Selain itu dari jumlah siswa yang ada pada satu sekolah akan terus mengalami peningkatan sementara tenaga guru dapat di katakana tidak ada penambahan kalaupun ada hanya terjadi pada mata pelajaran yang sama. “Ketidak merataan ini artinya di satu sekolah ada penumpukan tenaga. Misalnya kalau di SMAN Serimbu guru BP-nya sampai tiga orang,sedangkan guru bidang studi yang lain masih banyak yang kosong kan tidak pas tetapi secara umum memang kebutuhan tenaga guru memang masih kekurangan,” katanya.
Apalagi katanya, dalam masing-masing sekolah khususnya 13 SMAN yang ada di landak masih kekurangan tenaga guru belum lagi termasuk SMA swasta, beberapa mata pelajaran masih belum ada memiliki tenaga guru yang secara khusus membidangi pelajaran tersebut sehingga pihak sekolah merasa sangat kesulitan. “Ini juga kita alami di SMAN 1 Ngabang ini contoh bidang studi matematika itukan sudah cukup ada 5 orang tetapi begitu di tambah bidang itu lagi padahal bidang lainkan masih belum ada gurunya,katakanlah guru oleh raga,sejarah, sosiologi dan bahasa jerman jadi memang masih kurang, ” jelasnya.
Memang katanya kalau di lihat dari jumlah tenaga guru yang ada pada sekolah tersebut memang sudah mencukupi hanya saja kalau di lihat secara mata pelajaran jumlah guru tersebut masih sangat kekurangan lataran tidak sesuai dengan disiplin ilmunya.
Kendati ungkapnya sebagai dampak dari kekurangan guru tersebut, maka
untuk mengatasi kekosongan pada bidang studi terpaksa guru yang membidangi Ekonomi juga terpaksa harus mengajar bidang studi sejarah
atau bidang studi lainnya yang notabenenya bukan bidangnya.
“Ya, mau bagaimana lagi, karena memang tenaganya guru yang membidangi mata pelajaran itu belum ada. Ya upaya kita harus mendidik guru itu supaya bisa juga mengajar bidang studi yang lainnya. Dan memang ini lah yang menjadi persoalan tidak merata,” keluhnya. Sementara itu ketika di Tanya upaya MKKS Kabupaten Landak dalam mengatasi hal ini, seraya ungkapkan, pihaknya sudah sejak lama mengusulkan pada Pemerintah baik pada Dinas Pendidikan maupun Bupati menyangkut masalah kekurangan tenaga guru yang terjadi pada masing-masing sekolah yang ada di daerah ini terutama pada sejumlah mata pelajaran, bahkan mata pelajaran Fisikan dan Kimia,IPS,Sejarah termasuk bidang studi bahasa asing.
Bahkan menurut dia, beberapa waktu lalu pihak MKKS juga sudah pernah mengusulkan pada dinas agar untuk bidang studi bahasa Asing agar dapat di didik kembali sehingga dapat menguasai bidang studinya. Sehingga katanya, menyikapi kekurangan tenaga guru bidang studi di sejumlah daerah tersebut maka pihaknya mengambil langkah jangan sampai kosong maka pihaknya, berupaya menghonorhan tenaga yang sesuai dengan bidang studi serta berupaya mendidik guru yang mau untuk mengajar bidang studi yang tidak sesuai dengan disiplin ilmunya. “Dari pada kosong kan tidak boleh juga. Kita berupayalah bagaimana baiknya bahkan kita mencari tenaga honor yang memiliki disiplin ilmu yang sama dengan mata pelajaran selain itu kita juga berupaya mendidik guru bidang studi lain,” paparnya.
Sementara itu untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan pihaknya dari MKKS SMA Kabupaten Landak, tetap mengacu pada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang di lakukan oleh Diknas sehingga dalam pertemuan tersebut merupakan sarana untuk menyampaikan berbagai program yang menyangkut berbagai perencanaan terutama rencana untuk peningkatan baik mutu maupun kualitas pendidikan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "SMA Landak Kekurangan Guru"


Powered by www.tvone.co.id