Bappeda Landak Lakukan Deseminasi Kabupaten Landak

14.10 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Dalam rangka membahas data kependudukan, reproduksi dan Gender dalam publikasi daerah dalam angka yang juga sekaligus menetapkan peranan dan fungsi dari forum data base, maka pertemuan antara Kantor BPS Landak dan UNFPA serta Bappeda Kabupaten Landak melihat perlu adanya pendataan yang lebih baik lagi. Hal ini, merupakan kegiatan yang yang memiliki out put serta memfokuskan pada pada peningkatan ketersediaan data terpilah maupun meningkatkan kapasitas pengambil kebijakan baik pada anggota parlemen,perncara maupun pelaksana yang menggunakan data terpilah di bidang kependudukan, kesehatan reproduksi dan kesehatan reproduksi remaja, Infeksi penyakit menular (STIS termasuk HIV/AIDS). "Kegiatannya tidak hanya itu saja tetapi masih banyak lagi yang lain termasuk data gender dan kekerasan terhadap perempuan dan kemiskinan serta semua hubungan semua bidang tersebut dalam hubungan untuk perencanaan pengganggaran, monitoring dan evaluasi maupun pengambilan kebijakan di tingkat Nasional dan sub-Nasional," ujar Agustinus Agus, dalam sambutannya mewakili Kepala Bappeda pada kegiatan Kabupaten Landak Dalam Desiminasi Kabupaten Landak Dalam angka 2008 terkait indicator Kependudukan,kesehatan Reproduksi dan Gender di Aula Bappeda Jum’at (29/11), kemarin. Kegiatan yang di ikuti oleh seleruh Instansi maupun dinas yang ada di Kabupaten Landak, ini juga di hadiri oleh BPS sebagai Kantor yang juga pusat pendataan.
Pria yang membidangi Ekososbud Bappeda Kabupaten Landak ini, mengatakan kegiatan ini berdasarkan out put tersebut maka, untuk mencapai hasil yang di terapkan melalui 2 indikator yaitu perencanaan pembangunan di sub-Nasional yang dalam hal ini rencana strategis daerah dan rencana kerja Pemda dalam memasukan dimensi kependudukan, kesehatan reproduksi, gender dan kemiskinan ke dalamnya. selain itu Daerah dalam Angka yang dalam hal ini publikasi Kabupaten Landakdalam angka memasukan data terpilah kependudukan, kesehatan reproduksi reproduksi remaja, Infeksi penyakit menular [STIs] termasuk HIV/AIDs, gender dan kekerasan terhadap perempuan dan kemiskinan. "Sebenarnya Indikator out put ini saling terkait satu sama lain kalau kita lihat pada tahun 2008 ini PC [Programme Component] PDS memfokuskan pada peningkatan ketersediaan data terpilah di bidang-bidang tersebug yang kedepannya akan memperkaya hasil daerah dalam angka itu tadi," ungkapnya.
Rosihan Anwar, Kepala Kantor BPS Kabupaten Landak, mengungkapkan seperti di ketahui pada setiap tahunnya BPS Kabupaten Landak yang bekerja sama dengan Bappeda selalu menerbitkan atau mempublikasikan kabupaten Landak dalam angka. di mana katanya, publikasi ini juga menyajikan berbagai data primer dan data sekunder hingga pada tingkat kecamatan. "Data-data inkan sebagian besar merupakan data sekunder yaitu data yang kita kumpulkan dari sektor-sektor, instansi terkait atau Dinas yang ada di Kabupate Landak ini, jadi setiap tahunnya akan di publikasikan Kabupaten Landak dalam angka dan in tidak jauh berbeda dengan publikasi tahun-tahun sebelumnya baik dari segi pormat maupun jenis datanya hanya saja ada penambahanserta penyempurnaan pada tabel-tabel tertentu," paparnya.
dengan demikian tambahnya dalam kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan dapat memberikan gambaran dan informasi tentang keadaan Kabupaten Landak secara umum, walaupun sangat di sadari kalau data yang di sajikan belumlah optima, mengingat masih terbatasnya data yang tersedia. kendati data-data yang terpublikasi ini akan dapat di pergunakanuntuk keeprluan perencanaan,pelaksanaan,pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bappeda Landak Lakukan Deseminasi Kabupaten Landak"


Powered by www.tvone.co.id