SANGAH TAMILA - Salah satu bukti dari kemajuan dalam kesadaran yang di miliki oleh masyarakat ialah, dengan keinginan rasa memiliki atau mensertifikasikan Tanah yang di miliki oleh warga. dengan demikian bearti tingkat kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya Sertifikat sudah dapat di katakan mengalmi kemajuan. Menurut pengakuan sejumlah warga Mulai dari daerah Raden sampailah beberapa dusun yang ada di daerah pedalaman Pahuaman Kecamatan Sangah Tamila Kabupaten Landak ketika di kunjungi Kapuas Post belum Lama ini, mengungkapkan keinginannya untuk bisa membuat sertifikat pada lahan atau tanah yang di miliki hanya belum mengetahui prosodur untuk mensertifikasikan lahan miliknya. "Sebenarnya Kami sudah lama berkeinginan untuk membuat sertifikat tanah yang kami miliki. tetapi kami belum mengetahui bagaimana prosudurnya. karena setahu kami membuat sertifikat tanah itu biayanya cukup mahal sehingga kami yang mempunyai ekonomi lemah ini jelas tidak mampu," kata Aboi warga Raden yang di dampingi warga lainnya.
Hal yang sama juga di ungkapkan oleh sejumlah warga lainnya. Bahkan warga juga belum mengetahui program Prona yang sudah lama di lakukan oleh pihak BPN Kabupaten Landak. Padahal program tersebut memang bertujuan membantu masyarakat yang kurang mampu tetapi berkeinginan memiliki sertifikat atau mensertifikasikan tanah yang di miliki warga tersebut.
Dengan demikian lanjut warga lainnya kalau memang demikian pihaknya menyambut baik adanya program tersebut sehingga informasi tersebut membuat  warga semakin berminat untuk mengetahui, bagaimana program prona yang sebenarnya. "Kalau memang ada program yang seperti itu tentu akan sangat membantu Kami yang umumnya kurang mampu. kalaupun kami mengetahui adanya imformasi itu sudah pasti kami akan mengikuti," ujar warga lainnya.
kendati tambahnya kalau tanah yang di miliki warga sudah memiliki sertifikat maka, dengan mudah dapat di pergunakan untuk membantu apakah modal usaha ataupun hal-hal lainnya.
Menanggapi hal tersebut Rudi Agustiawan. A.P.tnh Kasi HPTT [Hak tanah dan Pendaftaran Tanah] ketika di kunjungi Kapuas Post Jumat(14/11), di ruang kerjannya mengatakan, kalau sudah menyeluruh daerah yang ada di Kecamatan Sangah Tamila itu sudah mengajukan permohonan pembuatan sertifikat tanah pada program prona beberapa waktu lalu. hanya saja seraya mengakuai bisa saja hal tersebut tidak di ketahui oleh masyarakat, apalagi kalau kepala Desa pada daerah tersebut kurang melakukan sosialisasi pada masyarakatnya masing-masing. "Kalau di daerah Pahuman saya pikir sudah cukup banyak yang mengikuti program ini. apalagi program inikan kita lakukan setiap tahun bahkan sudah cukup efektif bagi masyarakat kita yang memang terkategori kurang mampu, sehingga Prona akan dapat mereka jangkau karena harga pembuatan sertifikat tanah jauh lebih murah kalau di bandingkan harga sertifikat Rutin," ujarnya. kendati program ini, masyarakat mengajukan per kelompok mealui kepala Desanya masing-masing sehingga petugas dari pihak BPN akan langsung turun mengukur luasan tanah yang di miliki warga apabila semua persyratannya sudah memenuhi syarat.terkait dengan ketidak tahuan warga tersebut maka, seraya mengungkapkan hal tersebut di sebabkan keurangnya pemberitahuan serta arahan dari para Kades. karena dari pihaknya sudah menyebarkan informasi pada masing-masing Kades untuk segera mensosialisasikan kepada warga masyarakat walau di daerah pedalaman sekalipun. "yang kita harapkan di sini supaya para Kades yang ada di Landak supaya dapat menghubungi pihak BPN. kita jalin kerja sama karena tugas kami memang ingin membantu dan melayani masyarakat. kalaupun para kadesnya sudah mengetahui program ini di harapkan supaya dapat memberikan informasi kepada masyarakatnya supaya dapat juga mengukuti program ini," harapnya. 
kendati apalah artinya jika laan yang di miliki oleh warga itu ternyata tidak bisa memberikan kontribusi dan hal ini pula yang harus di pikirkan. karena kalau saja lahan yang di miliki oleh masyarakat itu sudah memiliki sertifikat, selain sudah sah secara hukum juga pemiliknya dapat mempergunakan sertifikat itu sebagai alat untuk mendapatkan modal baik untuk menambah modal usaha maupun hal-hal lainnya. (wan)
 
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Butuh Sertifikat, Masyarakat Banyak Tidak Tahu Informasi"


Powered by www.tvone.co.id