Kabupaten Landak Sudah Melakukan Sejak Tahun 2004

08.54 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Bila tidak ada halangan, direncanakan awal Desember 2009, RAPBD Kabupaten Landak 2009 disidangkan dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Landak.
Penegsakan itu disampaikan Bupati Landak DR Drs Adrianus AS MSI, kepada wartawan, Senin(10/11), kemarin usai mengikuti apel upacara hari Pahlawan di halaman kantor Bupati Landak. Dia mengatakan Kabupaten Landak sedang dibicarakan secara intensif oleh dalam tim anggaran eksekutif, dan orang nomor satu di Kabupaten Landak ini berharap pada awal bulan Desember sudah bisa naik ke legeslatif. ”Prioritas dalam APBD Tahun 2009, tidak ada perubahan, kita tetap melanjutkan program terdahulu, yaitu salah satunya Sektor Pendidikan, apalagi pendidikan ini sudah menjadi aikon Kabupaten Landak,” kataya.
Beda dengan daerah lain, gembar gembor membicarakan APBD, harus mengacu 20 persen untuk dunia pendidikan. Kabupupaten Landak sendiri, mengacu 20 persen di sektor pendidikan sudah lama. Pagi ini saja, katanya, statemen Sandrah Simin, , untuk RAPBD Kalbar Tahun 2009, belum mencerminkan 20 persen untuk dunia pendidikan. Beda dengan Kabupaten Landak, sejak tahun 2004, APBD mengacu 20 persen untuk pendidikan sudah dilaksanakan. Makanya, tahun 2009, telah dirampungkan rehabilitasi gedung-gedung sekolah. ”Untuk RAPB Tahun 2009, memang ada penurunan terutama DAUnya 0,5 persen, mengingat kondisi keadaan keuangan negara dalam krisis,” tuturnya.
Bukan hanya Kabupaten Landak saja, akan tetapi penurunan ini dialami seluruh daerah di Kalimantan Barat, ada yang turunya mencapai 4 persen. Bahkan, Kabupaten Pontianak, turunya sangat drastis,sehingga untuk gaji pegawaihya bisa saja tidak cukup, hanya Rp100 miliar lebih. ”Gejala-gejala ini hendaknya kita sikapi dengan penghematan. Saya sudah intruksikan semua seluruh SKPD menghemat anggaran, terutama anggaran yang sifatnya konsumtif, pembelanjaan seperti perjalanan dinas, kemudian honor panitia, mulai dikuranggi,” tegasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kabupaten Landak Sudah Melakukan Sejak Tahun 2004"


Powered by www.tvone.co.id