Landak Segera Miliki Stadion Termegah di Kalbar

15.23 Diposting oleh HERI IRAWAN

* Pembangunan Jangka Pendek Butuh Dana 20 Miliar
Tidak lama lagi Kabupaten Landak akan segera memiliki stadion sepak bola bertarap nasional, bahkan bangunan yang nantinya menjadi Icon Bumi Intan ini, menjadi satu-satunya bangunan stadion sepak bola paling termegah di Kalimantan Barat. Bila pembangunan ini selesai dikerjakan, maka menjadi bangunan termgah kedua setelah pembangunan kantor Bupati Landak. Pembangunan ini diperkirkan selesai sekitar 18 bulan. Program jangka pendeknya pengerjaan proyek pertama-tama membutuhkan dana sekitar 20 miliar.
HERI IRAWAN, Ngabang
SEBELUM dilakukan pembangunan, sudah tentu pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Landak melakukan berbagai kajian, terakhir Dinas PU Kabupaten Landak, Senin(3/11/08) pukul 19.00 wib, di pendopo rumah dinas Jabatan Bupati Landak, melakukan ekspose pembangunan stadion Kabupaten Landak. Yang dihadiri Bupati Landak DR Drs Adrianus AS MSI, Sekda Landak Drs Ludis MSI, serta pejabat tinggi Pemerintah Kabupaten Landak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pengurus LPTQ Kabupaten Landak serta undangan lainnya. Sebelum panjang lebar dijelaskan konsultan secara teknis, Kepala Dinas PU Landak Ir Jakius Sinyor, ia menyatakan ekspose pembangunan stadion Kabupaten Landak salah satu program jangka pendek adalah persiapan Kabupaten Landak sebagai tuan rumah MTQ ke XXIII tahun 2010 tingkat Propinsi Kalimantan Barat. Pembangunan stadion olahraga inipun, kata Jakius Sinyor,bukan dibangun asal bangun, akan tetapi banyak mempertimbangkan beberapa aspek peting. Adapun aspek-aspek itu mencakup 3 (tiga) aspek, yaitu aspek teknis dan lingkungan, aspek sosial ekonomi dan aspek menejemen. ”Salah satu penenkanan aspek manajemen disini harus ada capur tangan Pemerintah Daerah dalam hal ini kedepan akan ada Kantor atau Dinas Kepemudaan dan Olahraga, dan banyaknya even cabang olahraga (multi fungsi),” katanya seraya berharap kedepannya stadion olahraga Kabupaten Landak menjadi pusat kegiatan olahraga di Kalimantan Barat.
Terpenting katanya lagi, dalam tahapan perencanaan stadion olahraga, digunakan ada 3 (tiga) tahapan, pertama jangka pendek, jangka menengah dan jangka pajang. Ketiganya ini nantinya akan dilihat pendanaanya pada APBD Kabupaten Landak. ”Masuk tahun pertama (jangka pendek) pelaksanaan pembangunan stadion olahraga Kabupaten Landak. Akan dibangun stadion sepak bola, jalan atletik, dan mimbar tilawah. Kemudian sarana dan prasarana penunjang, termasuk operasional kawasan, urukan dan pemadatan jalan, ” jelasnya.
Kemudian masuk tahun berikutnya (jangka menengah dan panjang), akan dibangun areal pakir, sisi barat, timur, selatan dan utara. Termasuk nanti ada dibangun rumah mushola atau gereja. Juga nanti disana dibangun plasa dan sarana olahraga lain, perkampungan atlit, voly pantai, tenis lapangan, gedung olahraga (GOR). “Setelah kami meninjau lapangan ada 5 (lima) lokasi alternatif,” ujarnya.
Lokasi-lokasi itu, pertama berada di jalan Ilong kurang lebih adq 10 Ha, selanjutnya alternatip kedua dijalan Munggu kurang lebih 17 Ha, alternatip ketiga tanah di jalan Armed, tanah ini tanah Pemda kurang lebih 11 Ha. Alternatip keempat ditawrkan kepada Dinas PU Landak, tanah sekitar SPBU Ngabang kurang lebih 4 Ha dan alternatip kelima pada jalan Sekmen II, dimana alternatip ini menjadi pilihan kita untuk pembangunan stadion sepak bola, dengan jumlah areal tanah sekitar 6,5 Ha. ”Dari tiga aspek ini kita ambil pada aspek kelima, dan ini sesuai kriteria yang kita gunakan,” jelasnya.
Hingga saat ini, lanjut Jakius Sinyor, oleh Dinas PU Kabupaten Landak, lokasi atau areal tanah yang dipunyai sekitar 6, 495 Ha, ditandai dengan tanda hurup A (ketika dijelaskan pada layar in pocus, red), kondisi lahan sawit, karena lahan ini tidak cukup maka diperlukan lahan baru yaitu areal B dengan luas 2,00 Ha, dengan kondisi semak. Ternyata lahan itupun tidak cukup untuk pembangunan stadion olahraga, maka diambil kembali luas areal C dengan luas 4,219 Ha dengan kondisinya beruapa kebun karet. ”Artinya total keseluruhan lahan yang kita gunakan nanti dalam pembangunan stadion olahraga Kabupaten Landak sekitar 12, 741 Ha,” bebernya.
Bila dilihat dari penjadwalan pembangunan sudah masuk mulai bulan Oktober 2008, dan kemarin juga sudah masuk dalam perubahan anggaran tahun 2008, tinggal bagaimana pelaksanakan, dengan perkirakan, pertengahan Desember 2008 ection dilapangan, sebanyak 11 bulan, dari Janurai 2009 hingga Desember 2009. Sementara pelaksanaan MTQ dimulai bulan Mei 2009. ”Jadi, kita nanti masih ada waktu kurang lebih 4 bulan dari panitia MTQ mengadakan persiapan latihan, yaitu bulan Januari 2010 hingga Mei 2010,” ungkapanya.
Diakhir penjelasan mantan Kadis Perhubungan, Telekumunikasi dan Dan Pariwisata dan Penanaman Modal ini, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan stadion jangka pendek membutuhkan dana sekitar Rp 20 miliar, jangka menengah 37 miliar dan jangka panjang 62 milira, total keselurihan dana dibutuhkan mencapai Rp 118 miliar. (*)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Landak Segera Miliki Stadion Termegah di Kalbar"


Powered by www.tvone.co.id