Masyarakat Desa Tebedak Mohon Fasilitas Air Bersih

00.12 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Keadan sumber air yang ada di Desa Tebedak Kecamatan Ngabang yang sudah sangat tidak layak di konsumsi lagi, tetap merupakan masalah yang masih menempati urutan utama yang di hadapi oleh masyarakat di daerah ini. kendati air yang berasal dari sungai belantian yang merupakan sungai yang satu-satunya di daerah ini kondisinya memang sudah sangat tidak layak di pergunakan apalagi di saat kemarau. Menurut keterangan Ideng Kades Desa yang di dampingi oleh Anyon Kepala Dusun Desa Tebedak Kecamatan Ngabang belum Lama ini mengungkapkan kepada Kapuas Post, keberadaan air sungai yang sudah sangat tidak layak sekarang tetap merupakan satu ancaman bagi kesehatan masyarakatnya yang ada di daerah tersebut. kendati air bersih sudah merasa sangat sulit untuk di dapatkan di daerah ini, sedangkan pasilitas air bersih sama sekali tidak ada. "hal ini tetap menjadi ancaman yang sangat serius bagi kesehatan masyarakat kita yang ada di desa ini. da untuk mengantisifasinya inilah yang masih kita pikirkan. apalagi di daerah ini yang hanya berjarak 4 Km saja sampai saat ini tidak ada pasilitas air bersih yang berasal dari Pemda. padahal hal ini yang sangat di harapkan oleh masyarakat," ujarnya.
kendati menurutnya upaya meminta agar pihak PETI yang ada di hulu sungai belantian sudah di lakukan berbagai upaya, namun hasil yang di dapatkan masih nihil. apalagi ketika mendatangi pemilik dompeng yang melakukan aktifitas PETI di daerah hulu sungai belantian para penambang mengatakan, tolong tertibkan yang ada dulu baru, maka para penambang tersebut akan mengikuti. "ya seperti itulah pernyataan yang kami dapatkan mereka mengatakan Tolong tertibkan yang lain, jika kalau semua sudah tertib maka kami juga akan mengikuti, tetapi kalau saja yang lain belum di tertibkan maka kami juga tetap akan mengikuti yang lain juga artinya tetap akan terus menambang emas," ceritannya sambil memperagakan gaya pemilik usaha pertambangan.
melihat kondisi seperti itu, maka upaya yang di lakukan hanya sia-sia belaka hanya yang di harapkan bagaimana Pemda berupaya penghentian aktifitas ini dapat di lakukan dengan sebaik-baiknya. apalagi katanya dengan melihat spanduk yang terpasang di jalan sanggau tepatnya di desa tebedak yang Bertuliskan Berantas aktifitas PETI yang ternyata hanya sebagai slogan semata. "yang kita harapkan adalah kerja sama antara masyarakat dan Pemda untuk mengatasi hal ini. saya pikir kalau memang upaya ini di lakukan secara bersama-sama tentu tidak susah. menurutnya seraya mengatakan hal seperti ini, karena tidak tega melihat penderitaan masyarakatnya yang ada di daerah ini, apalagi saat kemarau sudah sangat susah untuk mendapatkan air bersih. dengan demikian salah satu cara mengantisipasi agar masyarakat yang ada di daerah ini dapat mudah mendapatkan air bersih maka seraya meminta harus ada fasilitas berupa sarana air bersih yang di siapkan oleh pemda. "hanya ini jalan satu-satunya, kita akan mengajukan permohonan kepada Instansi terkait agar dapat membangun fasilitas air bersih, apakah itu berupa sumur galian atau apalah yang penting masyarakat yang ada dapat mudah mendapatkan air bersih," pintanya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Masyarakat Desa Tebedak Mohon Fasilitas Air Bersih"


Powered by www.tvone.co.id