Puskemas Menyuke Punya Program PKPR

02.16 Diposting oleh HERI IRAWAN

DARIT- Puskesmas Menyuke Kabupaten Landak saat ini mempunyai program unggulan yaitu pusat program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Program ini, disokong oleh UNFA, bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Landak.
Demikian diungkapakan Kepala Puskesmas Menyuke Drg .Selviana Wati Fobia kepada sejumlah wartawan, akhir pekan lalu di Menyuke.
Dikatakannya, dalam program ini, Puskesmas Menyuke, sangat berbangga hati, pasalnya dalam rangka Hari Kesehatan Nasional tahun 2008, acara ini dibuat secara special, dimana digelar acara siaran ke radio di Darit, hari pertama tentang kesehatan reproduksi remaja dan HIV/AIDS. Masuk hari kedua tentang inveksi menular pernikan usia dini, dan hari ketiga inpeksi menular seksual. “Kegiatan ini kami datangkan dari dr Edwin Serimbu, dr Ahmad Merati dan Diktor Umumnya dr Albert, sedangkan saya sendiri sebagai pemegang kegiatan program peduli remaja ini,” katanya.
Tidak hanya disitu, pihak mereka akan melakukan penyuluhan disekolah-sekolah, dimana sampai saat ini sudah 5 sekolah kita berikan penyuluhan, 3 sekolah lain segera menyusul. “Kemarin kami juga diminta untuk memberikan penyuluhan, tentang HIV/AIDS, dalam acara perkemahan di Darit, pembicara salah satunya adalah Pak Sekda, dan Pak Agustinus Sukiman,” jelasnya. Disinggung kasus penyakit paling banyak di Puskesmas Menyuke? Perempuan berwajah manis ini, menyatakan dari data yang ada, kasus penyakit kencing nanah atau GO, spilis, CO, harpes, kandidiasi (jamur-jamuran). “Kalau untuk kasus penyakit GO dan spilis ada perbedaan, spilis biasanya seperti ada lokus (boroks) dikelaminnya. Kebanyakan yang menderita penyakit ini pria berumur diatas 30 tahun, dan mereka adalah pekerja yang diluar wilayah seperti sopir, tukang bangunan, maupun distributor,” bebernya.
Ibu 2 anak ini mengaku, program Pelayanan Kesehatan Reproduksi Esensial Terpadu, salah satunya ada Inpeksi Menular Seksual (IMS), ditahun 2008, sekitar 4 bulan lebih menempelkan klinik IMS. ”Untuk masyarakat memang masih kurang popular, tapi petugas sudah kami sampaikan semunya,” ungkapnya.
Ditambahkannya, mengenai rujukan penangana kasus giji buruk? Dikatakannya selama ini sudah menjalankan sesuai prosedur dan kebanyakan kasus masih bisa berobat rapat jalan. Bukanya kami katakan bebas, tapi seperti tahun lalu, sampai dirawat 3 orang, agak kewalahan dengan dana yang kita miliki.
Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas), Puskemas Menyuke, bulan Agustus 2008, telah menggelar “Urang Banyuke Sehat” dilapangan sepak bola Darit, pengobatan gratis untuk semua masyarakat Menyuke. “Rentetan kegiatan ini, dalam beberapa waktu kedepan kami juga akan kembali menggelar kegiatan pengobatan secara gratis,” imbuhnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Puskemas Menyuke Punya Program PKPR"


Powered by www.tvone.co.id