Rakor PNPM, Faskel Desa Harus di Ajukan Minggu Ini

15.19 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- Percepatan Pembangunan dari Program PNPM Mandiri perdesaan yang sasarannya tetap pada sejumlah daerah tertinggal yang di harapkan dapat memicu berbagai perkembangan maupun percepaatn pembangunan pada masyarakat di daerah tersebut. Walaupun di akui kondis perjalanan program tersebut saat ini dapat di katakan serba tidak menguntungkan, dalam arti di mana dalam berbagai pelaksanaan penyusunan perencanaan program tersebut memang sudah sangat mendesak.
Menurut keterangan Benidiktus,SE, MSI,Kabid Ekonomi,Penanaman Modal dan Prasarana Bappeda, mengatakan memang untuk saat ini berbagai perencanaan untuk pelaksanaan kegiatan tahun 2009 mendatang sudah cukup mendesak, sehingga semua kalangan yang terlibat dalam program tersebut harus kerja keras. "Memang kita akui waktu kita untuk melakukan kegiatan penyusunan perencanaan sudah sangat mendesak. dimana hanya tinggal 1 bulan 1 minggu lagi dan waktu seperti inilah yang memang harus di pergunakan sebaik-baiknya," ujarnya
yang juga merupakan kesekertariatan PNPM Ficel dalam Rapat kerja bersama seluruh unsur PNPM Ficel Selasa (04/11), di aula Bappeda Kabupaten Landak, kemarin.
Dikatakannya, kegiatan Raker yang di ikuti oleh semua Camat yang di Kabupaten Landak yang juga sebagai POKJA Kecamatan, juga di ikuti oleh para Konsultan dan Fasilitator Desa pada desa yang merupakan daerah sasaran program tersebut.selain itu dikatannya dalam raker tersebut juga akan di bahas mengenai sejumlah nama - nama desa yang menjadi prioritas program ini.
Dia mengungkapkan untuk pelaksanaan program yang akan di laksanakan pada tahun 2009 mendatang di harapkan dalam penyusunan perencanaan harus dapat rampung sekitar pertengan bulan desember mendatang.
Pendapat yang sama juga dikatakan Plt. Bappeda Kabupaten Landak, Yohyon Ferry, menurutnya desa yang merupakan sasaran program ini adalah desa yang belum mendapatkan program P2D, P2B, TPIP dan program PKPS BBM. sedangkan desa yang sudah mendapatkan program tersebut akan di programkan pada tahun berikutnya. "untuk prioritas kita pada tahun 2009 ini adalah desa-desa yang belum mendapatkan berbagai program yang terdahulu dan ini yang kita utamakan dulu. sedangkan desa yang sudah dapat program itu akan di priortaskan pada tahun 2010 dan 2011," katanya. kendati program in sipatnya berkelanjutan sehingga dalam pelaksanaan pembangunan akan dpapat di lakukan secara bertahap sesuai dengan perkembangan yang ada pada daerah tersebut. selain itu menanggapi adanya usulan mengenai fasilitator desa yang sudah di ajukan oleh masing-masing camat yang juga sebagai Pokja di harapkan dapat di ajukan paling lambat pada mingu-minggu ini sudah di sampaikan pada sekertariat daerah. "Saya pikir kalau mengenai untuk fasilitator Desa ada baiknya di tunjuk langsung oleh camat setempat. hanya saja di harapkan dapat di sesuaikan dengan kondisi yang ada sehingga fasilitator yag di pilih dapat melakukan komonikasi dengan baik. "saya rasa fasilitator desa sebaiknya di pilih langsung oleh pak camat hanya tolong pilih yang memenuhi syaratlah asal jangan pilih yang pendiam supaya nyambung," paparnya.
Kendati dalam satu kecamatan harus memilki 6 fasilitator desa yang harus di harapkan memiliki kemampuan yang memadai. selain iut seraya juga berharap agar dalam pelaksanaan kegiatan mendatang, sebaiknya harus ada pengelompokan desa sehingga dapat sesuaikan. "Maksudnya begini dalam pelaksanaan kegiatan nantinya misalnya fasilitator yang ada di Desa Jelimpo kan tidak mungkin harus menjangkau daerah di sangku jadi sebaiknya di Sangaku juga harus ada fasilitator yang berasal dari masyarakat di sana. Sehingga dalam melakukan kegiatan masing-masing fasilitator itu akan dapat melakukan di daerahnya masing-masing." katanya sehingga di harapkan dengan adanya kerja sama yang baik maka di harapkan kedepannya percepatan pembangunan di daerah tertinggal akan dapat dilakukan dengan baik dan berhasil demi tercapainya pembangunan yang merata. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Rakor PNPM, Faskel Desa Harus di Ajukan Minggu Ini"


Powered by www.tvone.co.id