Semestinya AKSI di Landak Harus Terbentuk

13.20 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Dengan melihat kondisi sekolah yang ada di Kabupaten Landak saat ini Asosiasi Kepala sekolah Indonesia (AKSI) di daerah ini, mestinya sudah harus segera di bentuk. kendati kalau di lihat dari salah satu dari syarat untuk pembentukan AKSI, dimana dalam satu daerah tersebut minimal harus 10 Kepala sekolah. Sedangkan kalau di daerah Kabupaten Landak ini syarat tersebut sudah melebihi dari cukup sehingga Organisasi ini harus dapat di bentuk. "kalau kita lihat dari kepentingan pendidikan dan keberlangsungan dari kepala sekolah mestinya AKSI ini sudah harus di bentuk. karena AKSI ini merupakan satu wadah yang menangungi semua kepala sekkolah yang tidak mengenal jenjang pendidikan," kata Jongki.S.Pd, kepada Kapuas Post Kamis lalu. Adapun arti dari tidak mengenal jenjang pendidikan tersebut katanya, AKSI ini merupakan sebuah organisasi yang menyeluruh yang anggotanya seluruh kepala sekolah yang ada di daerah Kabupaten Landak. yaitu mulai dari Kepala sekolah Dasar sampai dengan Kepala SMA maupun sederajat. sehingga keberadaan aksi ini sendiri akan mempunyai peranan penting bagi kesejahteraan kepala sekolah yang ada. sehingga keberadaan AKSI ini juga sipatnya sangat umum, sehingga berbeda dengan MKKS yang hanya mengikut sertakan berdasarkan jenjang pendidikan. "Kalau MKKS inikan anggotanya Kepala sekolah yang ada pada jenjang pendidikan masing-masing. misalnya SMP lain demikian juga SD dan SMA. jadi masing-masing sesuai dengan jenjang pendidikan. sedangkan kalau AKSI ini tidak. di mana anggotanya seluruh kepala sekolah yang ada mulai dari TK sampailah SMA, kacuali perguruan tinggi, itu mereka punya tersendiri,'' ujar kepala SMPN 4 Ngabang ini. selain itu katanya adapun MKKS itu sendiri merupakan organisasi kepala sekolah yang merupakan perpanjangan tangan dari dinas pendidikan. sedangkan AKSI memang merupakan satu organisasi bagi kepala sekolah seluruhnya yang ada di satu daerah. selain itu ungkapnya AKSI itu sendiri merupakan salah satu organisasi seluruh kepala sekolah bisa di katakan baru berdiri hanya saja di beberpapa daerah organisasi ini sudah di bentuk seperti di Kota Pontianak, Singkawang Sambas dan beberapa daerah lainnyq di Kalbar sudah di bentuk. Hanya saja kalau di Kabupaten Landak masih dalam tahap perencaan. "Di Landak ini kita masih sedang meracang pembentukan AKSI dan kalau tidak ada halangan juga akan segera dapat di bentuk,"ujarnya.
Apalagi katanya, dengan melihat kondisi sekolah yang sudah dapat di katakan cukup banyak di kabupaten Landak ini maka memang sudah saatnya AKSI ini harus di bentuk, sehingga dengan adanya wadah ini, maka di harapkan seluruh kepala sekolah yang ada bahkan tersebar di seluruh kawasan Kabupaten Landak ini dapat bersatu dan menyatukan persepsi dalam rangka berupaya dan merencanakan berbagai upaya untuk mewujudkan peningkatan pendidikan di Kabupaten Landak. "Kalau sekarang inikan mereka para kepala sekolah yang ada masih jalan sendiri-sendiri dalam arti mereka masih berada pada organisasi yang menurut jenjang tingkatan pendidikan tetapi kalau sudah terbentuk AKSI ini, maka semua kepala sekolah yang ada di Kabupaten Landak ini akan menyatu pada satu wadah yang namanya AKSI," katanya. 
untuk itu katanya, selain dengan terbentuknya organisasi ini, dengan sendirinya berbagai kekurangan yang terjadi akan dapat di pecahkan secara bersama maupun berbagai perencanaan yang menyangkut masalah peningkatan mutu pendidikan yang ada juga akan dapat di bicarakan secara bersama-sama pula. kendati dengan menyatunya persepsi seluruh kepala sekolah yang ada di Kabupaten Landak ini, dengan sendirinya berbagai tugas maupun tantangan yang di hadapi terutama dalam meningkatkan baik mutu maupun kualitas pendidikan akan dapat tercapai. "Artinyakan kalau semua Kepala sekolah yang ada di landak ini sudah menyatu kita dengan mudah membahas bagaimana mengatur setrategis yang di butuhkan. kalau semuanya sudah di anggap rampung tinggal kita jalani bersama, selain itu juga mengenai masalah kesejahteraan para kepala sekolah yang ada apalagi yang ada di daerah pedalaman bagaimana perjalanannya di sana sehingga nasib para guru inilah yang perlu di perhatikan dan bagaimana solusinya. (wan) 
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Semestinya AKSI di Landak Harus Terbentuk"


Powered by www.tvone.co.id