Usai Dilantik, Panwas Landak Siap Laksanakan Tugas

13.25 Diposting oleh HERI IRAWAN

* Dalam Waktu Dekat Audiensi Dengan Bupati
NGABANG- Tiga anggota Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Landak akhirnya dilantik, Senin(17/11), di Hotel Merpati Pontianak. Pelantikan Panwaslu se-Kalbar yang dilakukan di Hotel Merpati Pontianak ini juga dihadiri oleh Gubernur Kalbar Cornelis.
Usai pelantikan, mereka menyatakan siap mendampingi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Landak sebagai pengawas pemilu.
"Setelah kita dilantik di Pontianak, maka tugas berat sudah menanti hingga berakhirnya Pemilu legeslatif dan Pemilu Presiden,” ujar ketua Panwaslu Kabupaten Landak Hardianitus, S.Th didampinggi anggotanya Juliadarma, SE kepada Kapuas Post, kemarin.
Hardianitus juga menyatakan, tugas pokok yang diemban dalam mengawasi Pemilu 2009, sudah tertuang dalam undang-undang. Maka dari itu, dukungan dari Partai Politk (Parpol) sangat diharapkan, yaitu menyangkut Daftar Calon Tetap (DCT) atau Calon Anggota Legeslatif (Caleg) ketika melakukan kampanye atau sosialisi kepada masyarakat, harus mengikuti rambu-rambu aturan yang tertuang dalam perundang-undangan yang berlaku.
Terkait kewenangan yang dimiliki Panwaslu, Hardianitus mengakui sangat dibatasi oleh UU yang ada. Namun dalam konteks ini, Hardianitus mengaku memiliki kewenangan yang cukup strategis untuk memperbaiki kualitas pemilu.
"Kita memang diberi kewenangan yang terbatas oleh UU dan tidak bisa lebih dari itu. Tapi dalam konteks ini ada kewenangan yang cukup signifikan karena Panwaslu bisa merekomendasikan Caleg atau Parpol yang melakukan pelanggaran untuk dibawa ke pihak terkait, bila melakukan pelanggaran admistrasi maka jalurnya ke KPU, sebaliknya pelanggara pidana, tidak ada kata lain akan diarahkan ke pihak berwajib dalam hal ini Gakumdu,” urainya.
Untuk pelaporan, lanjut ia, masyarakat bisa melaporkan hal-hal yang menyangkut pelanggaran Pemilu, yang mana laporan dianggap temuan. Laporan itu harus lengkap dengan data tertulis, kapan terjadi, siapa yang melakukan pelanggaran, dimana tempatnya, barang buktinya apa. ”Kami akan menindaklanjuti laporan masyarakat itu, sesuai pembekalan yang kami terima di Pontianak beberapa waktu lalu. Minimal pengaduan itu 3 hari setelah kejadian, bila masih memerlukan Barang Bukti (BB), diberi waktu lagi selama 5 hari,” jelasnya.
Disinggung program jangka pendek? Pria kelem ini menyatakan akan melakukan oudiensi bersama Bupati Landak DR Drs Adrianus AS MSI, Kapolres Landak AKBP Drs Subnedih SH, dan Kajari Ngabang SR. Nasution SH MH. ”Kaitanya ini Sentra Gakumdu ini sudah dilaksanakan oleh Bawaslu, Panwaslu Propinsi, Kejaksaan Tinggi Kalbar dan Polda Kalbar. Pembentukan sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) untuk menerima laporan perkara-perkara yang terjadi di Kabupaten Landak.” bebernya seraya mengatakan audiensi ini dilakukan dalam waktu dekat ini.
Hardianitus tak lupa mengucap banyak terima kasih kepada Bupati Kabupaten Landak DR Drs Adrianus AS MSI, telah merespon permintaan Panwaslu dalam hal memfasilitasi sekretariat Panwaslu Kabupaten Landak, kemudian kepala Sekretariat Panwaslu serta Bendahara Panwaslu.
Program berikutnya, tambah Juliadarma, Panwaslu Landak pada akhir bulan Desember 2009, siap melantik anggota Panwas Kecamatan. Oleh sebab itu, dalam beberapa hari ini, Panwaslu Landak merekrut, meneliti, calon-calon anggota Panwas Kecamatan. Bila temuan ada diantara calon anggota Panwas Kecamatan, terlibat masuk sebagai pengurus Parpol atau masuk sebagai Caleg, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas, sesuai dengan tugas yang diemban Panwaslu.
”Nah, untuk rekrutmen Sekretaris Panwas Kecamatan, sepenuhnya wewenang bupati, atas permohonan Panwas Kabupaten Landak, syaratnya adalah PNS, ” bebernya.
Pria yang hobi bercocok tanam ini menambahkan, setelah Panwas Kecamatan terbentuk, maka tuga dari Panwas Kecamatan segera merekrut anggota Petugas Pengawas Lapangan (PPL). Tiga anggota Panwaslu Landak terpilih yang dilantik itu adalah Hardianitus, Juliadarma dan Eligia Paginian. SP. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Usai Dilantik, Panwas Landak Siap Laksanakan Tugas"


Powered by www.tvone.co.id