10 Ribu Bibit Siap, Bulan Menanam Nasional

10.11 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG - Sedikitnya 10.000 bibit yang saat ini sudah siap akan di tanam menyongsong bulan Menanam Nasional yang akan di lakukan pada bulan Desember ini. Adapun jenis bibit yang sudah siap tersebut meliputi jenis mantoa, mahoni, sungkai dan gaharu.
Demikian dikatakan Burhanudin, Kepala Bidang (Kabid) Produksi Dishutbun Kabupaten Landak, kepada Kapuas Post Kamis lalu.
Dikatakannya, bulan menanam Nasional ini merupakan kegiatan yang masih satu paket dengan tahhun menanam Nasional yang di lakukan beberapa waktu lalu yang juga di lakukan di halaman Kantor Bupati Landak. "kegiatan inikan merupakan kelanjutan dari kegiatan Tahun menanam yang di lakukan beberapa waktu lalu. sedangkan bibit untuk kegiatan ini juga sudah kita persiapkan sebanyak 10 ribu bibit. dan dari ke 10 ribu itu saat ini sudah di minta oleh Danramil 2000 bibit dan polres Landak 2 ribu bibit," ujarnya.
sedangkan sisanya yang masih berjumlah 7 ribu bibit rencananya akan di tanam di sepanjang kiri kanan tepi jalan jalur yang da di kota Ngabang. sementara itu katanya, kalaupun ada sisa dari bibit tersebut juga akan di bagikan kepada masyarakat yang juga di harapkan dapat di tanam sesuai dengan yang di harapkan. selain yang di persiapkan oleh pemerintah, katanya, bibit tanaman yang ada juga akan di bantu oleh pihak ketiga dimana dari Pinantara akan membantu 1000 bibit dan NI juga akan membantu menyediakan bibit. "Ini sebenarnya upaya kita khususnya Pemda di mana program ini juga merupakan program Bapak Bupati kita untuk menciptakan suasana lingkungan yang hijau dan ramah," katanya.
dengan demikian ungkapnya, dengan adanya kegiatan tersebut sebagai Instansi maupun kantor yang ada di Kabupaten Landak wajib menanam pohon yang sudah di persiapkan apakan itu Instansi pemerintah maupun swasta maupun Instansi pertikal yang ada di daerah ini. selain itu bukan hanya pada kantor yang ada saja yang di wajibkan tetapi kepada masyarakat yang ada di lingkungan perkotaan juga dapat menanam poho demi kelestarian lingkungan. "Intinya begii, satu pohon saja kita tanam maka mempaatnya akan sangat besar bagi orang lain bahkan dunia. karena yang kita harapkan itu adalah mempaatnya dari pohon yang ada dia akan mampu menyumbangkan oksigen kepada mahluk hidup," ujarnya.
Lebih jauh dijelaskannya, bahwa kegiatan ini juga di magsudkan agar suasana kota Ngabang dalam jangk beberapa tahun kedepan akan dapat lebih baik.
sementara itu dari sisi Hutan kota, Kabupaten Landak juga sudah mempunyai hutan kota. di mana luasan yang saat ini di miliki oleh Pemda seluas 9 Hektar yang berlokasi di Desa Mungguk Kecamatan Ngabang. "Sebenarnya kawasan hutan Kota ini sudah ada sebelum pemerintah mengharuskan setiap Kota di indonesia memiliki hutan Kota, dan hutan kota yang saat ini ada masih dalam tahap pembenahan dan sidah di tanam dan mulai di tata," Ir. Untung Wijaya Kaepala Bidang (Kabid) Kehutanan Dishutbun.
Dia menjelaskan saat ini melakukan usulan kepada Pemda luasan lahan hutan kota tersebut bukanlah hanya 9 ha, tetapi luasan terseut mencapai 100 ha. namunpun demikian, luasan yang di magsud akan di perluas secara bertahap sesuai dengn anggaran dan kemampuan Pemda.
"Kita yakin kedepannya jumlah luasan lahan yang ada untuk hutan kota, itu akan kita perluas sehingga dengan semakin luasnya hutn kota maka mempaatnya juga akan lebih baik. karena memfaatnya bukan kita rasakan sekarang tetapi beberapa tahun yang akan datang. Selain itu lingkungan yang ada di daerah ini juga akan kita tata sehingga dapat di pergunakan untuk tempat santai," harapnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "10 Ribu Bibit Siap, Bulan Menanam Nasional"


Powered by www.tvone.co.id