39 Anggota Panwascam Se Kabupaten Landak Dilantik

07.10 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Landak melantik sebanyak 39 orang anggota Panwaslu tingkat kecamatan (Panwascam), Sabtu (13/12), di aula pertemuan Hotel Hanura Ngabang.
Sumpah dan janji puluhan anggota Panwaslu tingkat kecamatan itu dilakukan Ketua Panwaslu Landak Hardianitus yang didampingi sejumlah rohaniawan. Hadir dalam acara pelantikanan pembekalan anggota Panwaslu tingkatan kecamatan, Bupati Landak diwakikan Wakil Bupati (Wabup) A. Sukiman, SH.
Ke- 39 anggota panwascam itu tersebar di 13 kecamatan se-Kabupaten Landak.
Ketua Panwaslu Landak Hardianitus STh, hanya menekankan kepada anggota Panwaslu tingkat kecamatan yang baru agar bisa bersikap jujur dan adil dalam pelaksanaan pengawasan. Dalam menjalankan kewajibannya, kata dia, Panwaslu kecamatan juga harus berpegang pada aturan perundang-undangan yang berlaku."Selain itu perlunya ada komunikasi intensif dengan semua unsur yang ada di daerah ini. Paling tidak dalam penyelenggaraan pemilu nanti upaya untuk meminimalisir tingkat pelanggaran adalah tanggungjawab panwaslu," pinta Hardianitus.
Sementara itu, Wakil Bupati mengatakan dengan peran aktif anggota Panwaslu ini diharapkan bisa mendewasakan masyarakat, terutama di Landak. Ia juga meminta anggota panwascam yang dilantik bersikap netral dalam melaksanakan tugasnya. "Perlakukan semua peserta pemilu secara adil dan setara. Bekerja selalu berlandaskan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata dia.
Ditambahkan Ketua Sekretarist Panwaslu Drs. F.K. Hariyadi mengatakan masyarakat Kabupaten Landak patut berbangga, karena 39 anggota Panwascam se Kabupaten Landak baru dilantik, adalah anggota Panwascam pertama di Kalimantan Barat. “Mulai bulan Desember 2008, anggota Panwascam Kabupaten Landak sudah mendapat honor. Maka dari itu, tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Panwascam dijalan sebaik mungkin dan bersungguh-sungguh,” harapnya.
Usai pelantikan, 1 jam kemudian diteruskan dengan penyelenggaraan pelatihan bagi seluruh anggota panwscam yang dilantik. Sehingga dalam menjalankan tugas nantinya mereka sudah terbekali dengan pengetahuan dan keahlian yang cukup sebagai bekal dalam menjalankan tugas, guna terselenggaranya pemilihan umum yang jujur dan adil.
Adapun menteri yang diberikan adalah perkembangan tahapan pemilu, hirarki kepengawasan pemilu, penanganan laporan/temuan laporan, mekanisme dan probelamtika pembentukan panwascam dan PPL, hubungan sekretariat Panwascam dan menejemen administarsi dan keuangan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "39 Anggota Panwascam Se Kabupaten Landak Dilantik"


Powered by www.tvone.co.id