Komitmen, Terjun Langsung Ke Lapangan Lantik Kades

07.28 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Orang nomor satu di Kabupaten Landak, tidak lain Dr Drs Adrianus AS MSI, punya komitmen yang kuat untuk melakukan pelantikan para Kepala Desa (Kades) di setiap desa terus dilakukan. Ia sadar, desa yang dituju sangat jauh dan melalui medan jalan yang sangat sulit serta penuh tantangan, tidak menyurutkan langkah orang nomor satu ini menuju desa bersangkutan. Belum lama ini, pelantikan terhadap tiga Kades di Kecamatan Air Besar yakni Kades Merayuh yang dijabat Yanto. T, Kades Nyari yang dijabat F. Neam dan Kades Sempatung yang dijabat Thimotius. A. Meskipun pelantikan tiga Kades yang dilaksanakan Jumat pekan lalu bertempat di Desa Nyari dilakukan pada malam hari, bukan menjadi hambatan bagi bupati. Toh, meskipun dalam keadaan letih sehabis menempuh perjalanan panjang, bupati terlihat segar bugar pada saat melantik tiga Kades tersebut. Ikut hadir mendampingi bupati beberapa kepala satuan unit kerja di lingkungan Pemkab Landak dan Camat Air Besar Sameon. Bahkan, momen kunjungan kerja bupati inipun dimanfaatkan para calon legislatif (caleg), khususnya dari daerah pemilihan (dapil) IV (Kuala Behe, Air Besar). Hadir beberapa caleg dalam kunker bupati tersebut dua orang caleg DPRD Landak masing-masing Markus Amid dari Partai Demokrat (PD) dan Cahya Tanus dari PNBK. Sedangkan satu caleg lagi yakni Agustinus Adisucipto dari PD yang merupakan caleg DPRD Provinsi. Selain para kepala satuan unit kerja, para caleg inipun diperkenalkan oleh bupati kepada masyarakat.
Dalam arahannya, bupati mengatakan peristiwa pelantikan para kades ini merupakan peristiwa langka. Sebab pelantikan ini dilakukan langsung ke desa dan dilantik oleh bupati. ”Kalau dulu camat yang melantik, tapi sekarang dilantik langsung oleh bupati. Jadi ini patut disyukuri, dan mungkin pelantikan ini menjadi sejarah bagi Desa Merayuh, Sepantung dan secara khusus Desa Nyari, sebab desa Nyari dipilih sebagai tempat pelantikan,” ujar bupati. Ditambahkannya, kemungkinan saja pada tahun 2014 nanti atau berakhirnya masa jabatan kades yang dilantik, desa lain akan menjadi tuan rumah tempat pelantikan. ”Mudah-mudahan kalau seandainya masyarakat masih mempercayai saya sebagai Bupati Landak untuk periode yang kedua, saya tentunya akan datang ke desa bersangkutan untuk melantik Kadesnya,” janji Adrianus.
Lebih jauh ia mengatakan, pelantikan yang dilakukan di Desa Nyari ini bukan tanpa maksud dan tujuan. Sebab kades dipilih dari dan oleh rakyat. Oleh karena itu sudah sepantasnya rakyat harus mengetahui siapa kadesnya. ”Jadi jangan hanya didengar saja dari orang, harus dikenal betul-betul oleh rakyat. Sebaliknya kades sebagai pemimpin rakyat harus mengenal betul-betul siapa rakyatnya,” tukas bupati. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Komitmen, Terjun Langsung Ke Lapangan Lantik Kades"


Powered by www.tvone.co.id