Perolehan Adipura Landak Dapat Terwujud

07.00 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Setelah berada pada Nomor yang cukup buntut tahun lalu Kabupaten Landak pada penilaan tentang kebersihan Kota dalam program Adipura, pada tahun lalu Kabupaten Landak ternyata masih menduduki nomor urutan 11 dari semua Kota yang ada di Kalbar. untuk itu dalam rangka meningkatkan kebersihan terhadap lingkungan kota yang ada di Kabupaten Landak khususnya Kota Ngabang yang nota benenya Ibu Kota Kabupaten Landak, bagian kebersihan dan pertamanan Kota Dinas PU Kabupaten Landak tetap berupaya semaksimal mungkin agar bidang kebersihan ini akan dapat terwujud dengan baik sesuai dengan keinginan bersama.  Menurut keterangan F.Asius Kepala Bagian Kebersihan dan pertamanan Dinas PU Kabupaten Landak mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya untuk menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan ramah. "Ini tantangan berat bagi kita apalagi persyratan Adipura ini sudah semakin berat. sehingga ini perlu kerja sama yang menyeluruh antara pemerintah dengan masyarakat yang ada," katanya.
apalagi katanya, persyaratan yang harus di penuhi saat ini sudah ada 13 Indikator yang meliputi, Pemukiman,jalan pasar,pertokohan, perkantoran, sekolah, rumah sakit,Hutan Kota, Taman kota, Terminal,Perairan terbuka,TPA dan Pemempaatan Sampah. sehingga dalam melakukan kegiatan tersebut memang harus selalu di butuhkan kerja sama yang baik antara seluruh elemen.
"Dalam hal ini kita sudah berusaha terutama penambahan tenaga petugas kebersihan, peralatan memang sudah ada kita miliki sendiri khususnya Pemda Landak. hanya masalahnya inikan masih terkendala kita yang saat ini masih hanya bidang bukan kantor," ungkapnya. 
kacuali katanya, bidang kebersihan ini sudah bisa berbentuk Kantor, maka sudah dapat di pastikan masalah kebersihan ini akan dapat di optimalkan terutama pada pelayanannya di lingkungan yang ada di kawasan pasar Ngabang. kendati permasalahan yang di hadapi sekarang tidak lain, masih minimnya anggaran yang di miliki oleh bidang kebersihan sehingga untuk melakukan berbagai kegiatan di lapangan betul-betul masih sangat terbatas. "Sebenarnya kegiatan inikan sangat membutuhkan sosialisasi dan pemahaman oleh masyarakat jadi kita harus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bagaimana cara hidup sehat dan bersih. tetapi karena kita masih mengalami keterbatasan anggaran ya mau gimana lagi tetapi yang jelas bagaimanapun juga kita tetap berusaha semaksimal mungkin terutama tentang pemempaatan sampah ,"katanya.
Sementara itu menurut Wibersono L Djait Camat Ngabang mengungkapkan, mengingat pentingnya masalah kebersihan, maka bagaimanapun juga masalah ini tetap harus di lakukan hanya saja sangat tergantung dari kesadaran masyarakat yang ada di lingkungan itu sendiri. "Dasarnyakan masalah ini ada pada masyarakat. istilahnya baik rencana maupun keinginan untuk maju inikan harus berasal dari bawah sedangkan kita di tingkat pemerintahan ini hanya mempasilitasi, mendorong dan membimbing saja," ujarnya.
sehingga katanya, kalau saja usulan itu hanya kemauan dari pemerintah maka bagaimanapun juga kegiatan ini tidak mudak berhasil kalaupun bisa, tentu akan memakan waktu yang cukup panjang. kendati ungkapnya, selama in pihaknya dari pihak kecamatan khususnya Kecamatan Ngabang memang sudah memberdayakan apaturnya yang ada baik dari Kepala desa sampailah pada tingkat Dusun, sehingga kegiatan tersebut sudah menjadi tanggung jawab yang harus di laksanakan secara bersama-sama. kendatipun lanjutnya upaya menciptakan kebersihan dan ketertiban lingkungan bukan hanya menjadi milik pemerintah semata tetapi yang secara langsung merasakan mempaat itu semua tidak lain adalah masyarakat itu sendiri. sehingga untuk itu kerja sama untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang tetap bersih ini tetap mengedepankan keinginan dari masyarakat untuk menyukseskan keberhasilan di bidang kebersihan. (wan) 
 
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Perolehan Adipura Landak Dapat Terwujud"


Powered by www.tvone.co.id