Robby: Tidak Ada Pengurangan Karyawann PTPN XIII

08.59 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Sejak berdirinya PTPN XIII PIR V Ngabang sampai sekarang masih tetap eksis. Kendati harga Crude Palm Oil (CPO) turun akibat ekonomi dipasar global dan harga Tandan Buah Segar (TBS) ikut turun. Ttapi gaji karyawan masih tetap tidak ada penurunnan maupun pemotongan apalagi mem-PHK karyawan yang sudah ada.
Demikian dikatakan ADM PTPN XIII PIR V Ngabang Ir. Surbhakti melalui Petugas Umum (PU) Drs. Robby. S, membantah tudingan Bupati Landak yang mengatakan pihak PTPN XIII Ngabang mengurangi karyawan sebanyak 25 %.
Dia mengatakan justru, tahun 2008 ini PTPN XIII PIR V Ngabang melakukan penambahan dengan mengangkat sebanyak 88 karyawan Buruh Lepas (BL), diangkat menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) ditempatkan disetiap Afdeling yang memerlukan untuk panen. Pengangkatan ini dalam upaya peningkatan produksi di jajaran PTPN XIII PIR V Ngabang.
“Dalam waktu karyawan ini dievaluasi yang berprestasi akan diangkat menjadi karyawan tetap bila dibutuhkan perusahaan,” ujarnya.
PTPN XIII (Persero) Lanjut Robby, sapaan akrabanya, adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berarti diawasi dan dilindungi oleh Negara. Tingkat keberadaannya tidak semena-mena dengan karyawan PTPN XIII adalah salah satu BUMN yang bergerak dibidang usaha perkebunan salah satunya kelapa sawit yang memproduksi salah satu bahan pokok antara lain minyak mentah yang bisa dijadikan minyak goreng atau bisa juga dibuat bahan bakar minyak (BBM yang disebut Bio Disel B-100) bila sudah diolah menjadi CPO.
Menyinggung turunnya harga buah? Bagi karywan tidak ada dampaknya atau penurunan gaji karyawan, tetapi bagi petani plama memang ada dampaknya karena dari harga Rp.1.200 turun menjadi Rp.663 atau sesuai tahun tanamnya. “Penghasilan petani plasma jelas berkurang tetapi bagi yang giat masih adajalan keluarnya dengan peningkatan hasil produksinya dengan cara merawat kebunnya sesuai dengan aturan mulai dari merawat, memupuk sampai panennya harus sesuai dengan petunjuk, mememupuk kelapa sawit tidaka seperti memupuk tanaman lainnya, yang harus memaakai pupuk organik (NPK). Bedanya tanaman sawait pupuknya dari Tankos (Tandan Kosong, red), atau kotoran hewan,” jelasnya.
Ia menambahakan, mengenai transport apalagi dimusim hujan (faktor alam, red), mungkin ada jalan blok yang rusah atau becek diupayakan dengan cara manual dari tumpukan buah diangkut dimana mobil angkutan bisa masuk. apalagi petani plasma kebun inti juga demikian. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Robby: Tidak Ada Pengurangan Karyawann PTPN XIII"


Powered by www.tvone.co.id