NGABANG - Gerakan tanam tebar dan di pelihara yang di lakukan oleh Ibu-ibu tergabung dalam PKK Khususnya Propinsi Kalbar yang di pusatkan di Mandor Kecamatan Mandor Kabupaten Landak Senin (01/12) di hadiri oleh Gubenur Kalbar. Drs Cornelis, MH, selain di hadiri oleh Bupati, ketua umum PKK Kabupaten Landak beserta jajarannya yang ada di Kabupaten Landak.
Menurut keterangan Vinsensius Plt Dishutbun Kabupaten Landak ketika di hubungi Kapuas Post di ruang kerjanya Selasa (02/12), kemarin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat yang ada di daerah ini agar dapat melakukan penanaman pohon serta melestarikan hutan yang ada. kendati secara global keberadaan hutan yang ada di daerah ini memang dapat di akui walaupun secara perlahan - lahan sudah mulai menipis. "Kegiatan ini kemarin sudah kita laksanakan dengan sukses dan dalam kegiatan itu pula Bapak Gubenur kita kembali mengingatkan bahwa adanya pemanasan global (Global Warning), sehingga gerakan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi hal tersebut," ujarnya.
Utuk itu katanya, untuk menghambat lajunya pemanasan tersebut maka dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya untuk menangkal terjadinya pemanasan yang akan terjadi. selain itu, dengan adanya kegiatan yang di lakukan oleh Gerakan Perempuan Menanam, Tebar dan pelihara ini di harapkan Kalbar akan dapat menjadi Pioner dan Paru-paru Dunia.
"Tujuannya kan jelas supaya daerah Kalbar ini yang merupakan daerah yang masih mempunyai hutan yang cukup luas, terutama di Kabupaten Landak ini dapat betul-betul jadi Pioner bagi daerah lain yang ada di Indonesia ini yang kita harapkan," katanya.
Sementara itu katanya, pada kesempatan itu Bupati Landak DR Drs Adrianus AS MSI, memberikan arahan yang sangat prinsif, mengingat Kabupaten Landak yang nota benenya masih mempunyai kawasan hutan yang cukup luas sehingga masih sangat memungkinkan di kelola agar menjadi kawasan hutan yang betul-betul dapat memberikan mempaat. Terutama lingkungan hidup, kelestarian hutan dan kelestarian budaya.
Dikatakannya, dari sisi budaya, di mana masyarakat Kalbar merupakan masyarakat yang masih sangat dengan hutan sehingga berbagai sumber dari kehidupan masih ada yang tergantung dari alam sekitar. "Ini artinya masyarakat kita masih banyak yang mengandalkan hasil-hasil dari hutan. karena hutan kita yang ada sekarang ini masih cukup kaya dan ini pula yang harus selalu di rawat dan di lestarikan, asal jangan saja hasil yng ada di ambil sementara untuk mengganti yang sudah di ambil ini tidak di lakukan dan tentu saja apa yang ada itu akan dapat habis. kalau memang ini yang terjadi apa yang bisa di harapkan pada masa - masa mendatang," ungkapnya.
Sehingga dengan demikian katanya, kegiatan tanam tebar dan pelihara yang di lakukan di Mandor tanggal 1 Desember, kemarin akan dapat di lakukan secara berkesinambungan sehingga kedekatan masyarakat dengan Alam yang memang merupakan gambaran masyarakat yang ada akan dapat terpelihara dengan baik. bukan cuma itu katanya, harapan yang begitu besar tidak lain adalah upaya ini agar hutan yang ada di Kalbar dapat menjadi pioner dan memberikan mempaat untuk seluruh Dunia. Sehingga dalam rangka membangun kelestarian hutan harapnya, bukan hanya dari sisi kehutanannya saja tetapi yang paling dasar adalah membangun kemasarakatannya sehingga kalau untuk menyukseskan pembangunan di bidang kehutanan haruslah di bangun secara keterpaduan yang artinya masyarakat dan hutannya harus seimbang sehingga dapat kedepannya akan membentuk kekuatan yang begitu besar.
Sedangkan dari kegiatan Tebar yang artinya tebar ikan juga merupakan simbol yang di lakukan di mandor, merupakan kegiatan awal yang menggambarkan bahwa begitu besar perhatian Pemerintah terhadap kelestarian hutan yang ada sehingga bukan hanya sisi kelestarian hutannya saja yang harus di jaga tetapi pembangunan masyarakat juga jauh lebih penting. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Vinsen : Kita Akan berupaya menciptakan Hutan kita yang ada supaya dapat kembali ke Habitat awal"


Powered by www.tvone.co.id