JELIMPO - Rencana pembagian plasma yang akan di lakukan oleh PT.DLP Wilmar Group kepada petani peserta plasma yang ada di perusahaan perkebunan kepala sawit tersebut rencananya akan di lakukan sekitar bulan Januari 2009 mendatang. dengan demikian sebelum pelaksanaan tersebut saat ini pihak perusahaan sedang melakukan verifikasi terhadap 23 dusun yang merupakan petani peserta plasma. sedangkan yang sudah di verifikasi saat ini sudah mencapai 11 dusun sedangkan sisanya masih sedang di lakukan. "Kenapa hal ini di lakukan, karena kita tidak mau setelah nanti di lakukan pembagian lalu timbul masalah dan ini yang kita tidak mau, sehingga kita ingin sampai nanti pun hal ini tidak akan terjadi," ujar M. Syahrizal Irwan, DM PT. Daya Landak Plantation (DLP), kepada Kapuas Post, kemarin.
Menurutnya belajar dari beberapa pengalaman pada beberapa perusahaan yang lalu, di mana setiap pembagian plasma selalu akan terjadi masalah, sehingga pihaknya sangat selectip dalam pelaksanaan pembagian plasma ini sehingga di harapkan kedepannya di DLP tidak kan terjadi hal-hal seperti itu. sehingga pihaknya berharap sebelum tanggal 15 Januari nanti nama-nama peserta plasma sudah dapat di umumkan pada masyarakat yang ada di daerah tersebut. "Rencana Kami sebelum tanggal 15 nanti pengumuman nama-nama peserta plasma sudah di umumkan di kampung atau di dusun tersebut yaitu 12 dusun yang sudah terverifikasi secara lengkap dan ini memang agak lama karena kita mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan timbul," harapnya.
Mengenai jumlah peserta plasma yang ada di PT.DLP mencapai 1200 orang dengan penyerahan lahan yang berpariasi bmulai dari 50 Hektar sampai dengan 0,6 bahkan ada yang 0.2 Hektar. Sedangkan feripikasi sama dengan luasan yang cukup besar. sehingga hal ini pula yang memakan waktu proses yang cukup lama.
"Hasil verifikasi ini semuanya sama dengan yang menyerahkan lahan cukup besar, da pengumuman ini akan kami umumkan selama satu bulan, klaupun nanti ada permasalahan kepada masyarakat tolong beritahukan kepada kami sehingga dapat kita selesaikan secara bersama," ujarnya.
Apalagi katanya, pihaknya juga menemukan kasus dalam penyerahan lahan yang ternyata yang di serahkanitu adalah lahan orang lain bukan yang menjadi miliknya sehingga ini menimbulkan masalah. sedangkan beberapa kasus juga berupa penyerahan lahan milik keluarganya yang ternyata belum mendapat persetujuan dari pihak keluarga. Disyukuri dimana beberapa kasus tersebut dapat di selesaikan dengan baik. selain itu seraya mengatakan setelah rampung pelaksanaan verifikasi plasma, maka pihaknya akan mengundang pihak Pemda Landak untuk membicarakan di mana lokasi massa karena yang harus di libatkan meliputi 3 unsur meliputi perusahaan, peserta plasma yang di wakili oleh koperasi dan Pemda.
"Kegiatan ini akan kita lakukan setelah selesai verifikasi Pemda akan kita undang juga pihak koperasi dan perusahaan untuk berembuk bersama kita harapkan ini akan dapat berhasil dengan baik," harapnya.
Sedangkan kalau ada masalah timpang tindihnya lahan maka pihaknya akan menyelesaikan permasalahan tersebut, secara kekeluargaan, elalui atas dasar mupakat sehingga sampai saat ini berbagai permasalahan yang da di daerah ini semuanya dapat di selesaikan denganbaik. "Ini artinya karena kita hidup di manapun juga tetap tidak terlepas dai peraturan maupun adat istiadat maka kami di sini mempunyai Motto "Perusahaan salah perusahaan di hukum dan perusahaan benar perusahaan di dukung" dan ini tercetus oleh warga kita yang ada di sini dan kita sangat menghargai ini. karena ada filsapat mengatakan adat berkurang, adat mencari, adat lebih adat menyumpah. dan ini artinya kita harus berlaku jujur dimanapun langit di junjung maka di situlah bumi di pijak," katanya.
Sudah sepantasnyalah jika kemajuan masyarakat yang ada di sekitar di mana perusahaan itu ada sudah pasti menjadi tanggung jawab bersama. karena kehadiran perusahaan khususnya DLP bukan hanya semata-mata mencari keuntungan semata tetapi yang lebih utama bagaimana membangun masyarakat yang betul-betul berdaya dan mampu mandiri ini yang menjadi tujuan utama. selain itu katanya adapun pembagian inti pelasma ini mengenai pengelolaaanyan tetap akan berada di bawah pengawasan perusahaan sehingga kedepannya kemajuan perkebunan itu nanti tetap akan setara dalam arti sama-sama. apalagi untuk pembagian plasma yang ada di DLP ini akan menjadi salah satu percontohan terhadap pembagian plasma terhadap seluruh perusahaan perkebunan yang tergabung dalam wilmar group. untuk itu hal ini selain menjadi kebanggaan pada pihak DLP juga merupakan tugas dan tanggung jawab yang berat agar kegiatan yang di lakukan ini dapat di laksanakan dengan baik sehingga kedepannya akan dapat memberikan hasil yang maksimal kepada masyarakat. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Songsong Pembangian Plasma, PT.DLP Lakukan Verifikasi"


Powered by www.tvone.co.id