NGABANG - Selain melakukan berbagai kegiatan yang sipatnya rutinitas seperti pemantauan kualitas Air dan Lingkungan prioritas kegiatan yang akan di lakukan untuk tahun 2009 pada umumnya masih kelanjutan dari tahun sebelumnya. kendati sesuai dengan tupoksi Dispertamben khususnya Bidang LH tetap berupaya melakukan bahkan meningkatkan pelayanan di bidang lingkungnan hidup yang merupakan kegiatan yang tidak dapat di pisahkan dengan kehidupan manusia sehingga tidak heran mengenai kegiatan pemantauan kualitas Air yang ada di daerah ini secara terus mebnerus harus di lakukan. "Air inikan merupakan kebutuhan yang sangat di butuhkan oleh masyarakat di manapun termasuklah semua mahluk hidup yang ada. dan ini harus selalu memenuhi standar apakah itu masih layak atau tidak di konsumsi oleh masyarakat dan ini perlu penelitian serta pemantauan,"ujar Iskandar.SE Kabid Lingkungan Hidup Dispertamben Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Kamis (08/01), kemarin.
Sehingga katanya, dengan di lakukannya pemantauan kualitas Air yang ada di daerah ini akandapat di ketahuia apakah kondisi air yang ada di setiap daerah ini masih layak atau tidak di konsumsi oleh masyarakat atauakah sudah sangat berbahaya. apalagi katanya air yang merupakan kebutuhan pokok selain beras sehingga ini sangat di perlukan kondisi yang tetap bersih dan tidak tercemat.
"Kita tahulah kalau daerah kita ini memang sudah sejak dulunya memang sudah marak kegiatan pertambangan. sehingga ini akan secara langsung berpengaruh pada kondisi air ungai yang ada di setiapdaerah dan ini pula yang harus selalu kitapantau bagaimana kondisi air yang ada. dan hasil ini akan kita teliti di Laboratorium yang hasilnya akan dapat kita ketahui layak atau tidak," terangnya.
sedangkan program lain yang juga akan kita laksanakan pada 2009 ini adalah berupa pelatihan pembuatan arang briket serta pengolahan sampah pada kelompok masyarakat yang ada dan ini bertujuan agar dapat menciptakan lapangan kerja baru sekaligus mengurangi dampak pencemaran kualitas udara dan lingkungan sekitarnya. walaupun menurutnya secara teknis memang belum dapat di lakukanpadasemua daerah yang ada di Landak megingat kemampuan yang masih sangat terbatas. "Beberapa waktu lalu kita juga melakukan kerja sama dengan LH Pusat dan hasilnya sementara ini kita mendapatkan bantuan berupa 4 unit mesin pengolahan sampah dan pembutan arang briket dan ini akan kita percayakan pada kelompok masyarakat yang peduli Api artinya peduli terhadap lingkungan sementara sampai saat ini kita masih melakukan berbagai persipan dan nama kelompok penerima itu juag masih dalam tahap proses," ungkapnya.
Sebagian besar masyarakat kitayang ada di daerah ini memang pada umumnya masih menggunakan Kayu bakar untuk kegiatan masak-memasak sehingga dampai dari asap ini juga akandapat memberikan pencenaran secara langsung terhadap kualitas udara yang ada. tetapi katanya kalau saja masyarakat sudah terlatih dan terbiasa memakai arang biket maka dampak itu dengn sendirinya akan dapat di perkecil. "Kalau mengenai pengelohan sampah menjadi pupuk organik ini memang tidak bisa kita lakukan secara langsung tetapi ini harus melibatkan Dinas pertanian dan jga bidang kebersihan karena ini hanya merekalah yang tahu sedanglan kita hanya leading sektor yang menyiapkan alat untuk pengolahannya dan ini juga akan sangat bermempaat bagi masyarakat kita yang ada sehingga nantinya sampah yang ada itu juga tidak semuanya di buang tetapi akan dapat di oleh menjadi bahan-bahan pupuk yang dapat di pergunakan," tandasnya.
Ia berharap kedepan, agar ada kerja sama dari semua elemen yang ada di daerah ini sehingga bidang Lingkungan Hidup ini akan dapat di jaga dengan sebaik-baiknya. terutama pada pihak perusahaan maupun Industri rumah tangga juga di harapkan dapat mematuhi apa yang sudah di tentukan oleh pemerintah sehingga laju kerusakan lingkungan yang ada saat ini akan dapat di kurangi sekecil mungkin. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "2009 Bidang LH Dispertaben Landak Lakukan Pelatihan Pembuatan Arang Birket dan Pengelola Sampah"


Powered by www.tvone.co.id