NGABANG - Perpustakaan Daerah Kabupaten Landak yang baru saja di resmikan oleh Bupati Landak merupakan salah satu wadah yang di harapkan akan dapat memberikan mempaat maupun sumbangsih ilmu pengetahuan kepada masyarakat yang da di daerah ini. dengan demikian untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, Perpusda secara terus menerus mengambil langkah agar dalam emberikan layanan kepada masyarakat dapat lebih menyentuh masyarakat yang ada baik di semua kecamatan maupun masyarakat yang ada di perdesaan. "pada dasarnya untuk tahun 2009 ini kita akan terus melakukan berbagai upaya-upaya agar pelayaan kita dapat lebih luas lagi karena kalau sementara ini kan hanya masyarakat kita yang ada di kota Ngabang saja atau yang dekat lah yang dapat membaca buku-buku kita yang ada di perpusda ini. tetapi kita upayakan kedepannya ini semua masyarakat kita yang ada di Kabupaten Landak ini juga supaya dapat juga menikmati bacaan-bacaan yang ada di perpusda ini," ujar FK. Haryadi, Kakan Arpusda (Arsip dan Perpustakaan Daerah) Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Kamis (08/01), kemarin.
dikatakannya dalam waktu yang tidak lama lagi, perpusda Landak ini juga akan segera mendapatkan saru unit Mobil khusus yang akan di gunakan sebagai mobil perpustakaan keliling daerah yang nantinya akandapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di kaasan daerah ini. Selain itu katanya di dukung koleksi sejumlah buku yang ada di perpusda ini juga sudah memungkinkan perpusda Landak ini memberikan pelayanan sampai pada daerah perdesaan yang ada di daerah ini. "Saya pikir dengan adanya mobil pusli (perpustakaan keliling) akan dapat menjangkau semua daerah kecamatan yang ada di Landak dan ini juga kan kita perluas lagi sampai pada desa-desa yang ada di daerah ini supaya masyarakat dapat membaca buku-buku yang sudah kita persiapkan," harapnya.
Kendati katanya, sesuai dengan UU 43 yang sudah di tetapkan oleh pemerintah tentang perpusda, dimana di instruksikan oleh Pemerintah kepada seluruh pemerintah Kabupaten maupun kota supaya dapat menggalakan serta mendukung keberadaan Perpustakaan Daerah yang ada di daerahnya masing-masing yang di harapkan dapat memberikan mempaat besar bagi masyarakat yang ada di seluruh Indonesia. "Sesuai dengan peraturan yang udah di tetapkan oleh pemerintah bahkan sudah di instruksikan melalui UU No 43 tentang perpusda, ini setiap daerah harus membuat Perpusda dan ini harus mendapat dukungan penuh dari semua elemen yang ada dan kalau saja bagi instansi atau pejabat yang tidak mendukung maka sesuai dengan aturan itu dapat di kenakan sangsi berupa sangsi atministrasi, tetapi kalau di Kabupaten Landak sendiri smpai saat ini memang mendapatkan respon yang cukup baik sehingga perpusda Landak ini dapat berjalan cukup baik bahkan mengalami peningkatan," tuturnya.
Sedangkan untuk pelayanan pada semua sekolah yang ada di Landak, seraya mengungkpkan akan melakukan Bimbingan Tehnis (Bimtek ) kepada sekolah sesuai dengan tingkatannya, sehingga yang di harapkan sekolah yang ada dapat juga menggunakan pasilitas berupa perpustakaan yang ada.
"Rencana lain kita juga akan mengaktifkan perpustakaan yang ada di Saham Pahuman tepatnya di desa saham Kecamatan sangah Temila yang notabenenya juga merupakan rumah Betang sehingga nantinya setiap pengunjung yang akan melihat keberadaan rumah betang ini juga akan dapat meihat berbagai koleksi buku-buku yang ada, bahkan juga akan di lengapi dengan berbagi koleksi berupa barang - barang antik aski Landak yang juga akan di upayakan akan dapat di pajang di sana," harapnya.
Sedangkan mengeni keberadaan rumah betang yang ada di Kecamatan Ngabang khususnya di Desa Tebedak menurut rencana akan di tinjau secara langsung dalam waktu dekat ini. sehingga dengan adanya keberadaan rumah betang itu maka di harapkan kedepannya akan dapat memberikan mempaat terutama dalam melestarikan kebudayaan daerah yang ada. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kakan Perpusda Landak Tinjau Rumah Betang di Tebedak 2009 Pusli Layani Masyarakat Landak"


Powered by www.tvone.co.id