Anggota DPR-RI Serap Aspirasi Keluhan BPN Landak

06.51 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Dalam rangka mengisi masa resesnya pertama, anggota DPR RI, N. Nehen, S.Pd, MM, Rabu (7/1), kemarin memulai di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Landak. Yang mana mantan Wakil Bupati Landak ini diterima langsung oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Landak Drs.DD Pangaribuan.
Usai mengadakan Reses, N. Nehen kepada wartawan Kapuas Post menjelaskan dalam pertemuan dengan Kepala BPN Landak, diperoleh salah satunya yang sangat prinsip yaitu tidak ada tenaga ukur. Selain itu seksi-seksi lainnya juga banyak yang kurang termasuk Kasubdin.
”Melihat kondisi seperti itu pihak DPR hasil reses ini nanti akan kita bawa da kita sidangkan di Komisi II DPR-RI bersama Menteri Pertanahan Nasional agar segera ditindaklanjuti mengenai kekurangan personil di kantor pertanahan Kabupaten Landak karena sangat berdampak terhadap kinerja di institusi tersebut,” kata N. Nehen.
Disisi lain ada beban tugas yang harus dikerjakan oleh Kantor Pertanahan untuk menerbitkan seripikat tanah masyarakat terutama seripikat ”Proyek Nasional Agraria (Prona) yang dilimpahkan kepada Kantor Pertanahan disetiap kabupate/kota yang telah dianggarkan melalui APBN untuk masyarakat kurang mampu.
Tetapi disisi lain, lanjutnya, keluhan pihak Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Landak tidak adanya tenaga ahli (tenaga ukur), sehingga proses penerbitan sertipikat sering tertunda tidak mampu menyesuaikan permintaan masyarakat.Dengan adanya temuan ini kita akan bawa ke Menteri BPN di Jakarta dalam bulan ini.
Diruang yang sama, DD Pangaribuan didampingi Kasubag.TU Sugeng Wiyono,B.Sc usai menerima N. Nehen diruang kerjanya kepada Kapuas Post menjelasan, kita baru saja menerima anggota yang sedang Reses dan telah menjawab sejumlah pertanyaan terutama tentang yang berkaitan dengan tugas dan ruang lingkup kerja kita serta pelayanan terhadap masyarakat sudah maksimal sesuai kondisi personil yang ada. ”Teris terang saja keluhan masyarakat atas pelayanan kita tetap ada karena keterbatasan tenaga waktu transportasi untuk menjangkau tempat-tempat yang lumayan jauh. Tetapi kita tetap berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang dilimpahkan kepada kita terutama penertbitan Prona.Selama saya menjadi Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Landak sejak awal tahun 2007 sampai saat ini kita telah menerbitkan seripikat Prona sesuai dengan jatah yang diberikan Pusat ke Kabupaten Landak yaitu tahun 2007 ada 1000 persil sertipikat Prona, 2008 ad 600 persil dan rencana dalam tahun2009 ini sekitar 600 persil lagi sertipikat Prona yang segera kita terbitkan. Belum lagi seripikat yang swadaya atau sertipikat lain seperti kebun milik perusahaan.
Mengenai Struktur di kantor pertanahan Kabupaten Landak yang dubuat oleh BPN Pusat idealnya 44 personil tetapi yang ada sampai saat ini hanya 19 orang, Jadi kantor kita masih kekurangan 25 personil. Dulu memenag ada juru ukur tertapi ada yang sudah pensiun ada juga yang pindah ke Jawa atau pulang kampung. Keluhnya. Kita berharap sehubungan dengan Reses dari anggota DPR-RI ini kita mohon uluran tangan pihak BPN pusat untuk mengirim tenaga ahli menambah personil di kantor pertanahan Kabupaten Landak. Adapun struktur di kantor pertanaan Kabupaten Landak adalah Sebagai berikut: Kepala Kantor,Kasubag.TU, dibawah Kasubag.TU KAUR ada 2, Kasi ada 5 dan dibawah Kasi ada lagi Kasubsi terdiri dari 2 sampai 4 Kasubsi jumlah kasubsi ada 12 Kasubsi.Struktur ini berdasarkan Perpres RI.No.10 tahun 2006 tanggal 11 April 2006 Tentang BPN. Keluhan lain lagi tidak ada /belum ada kantor BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) dan kantor Pembuatan SPPT-PBB yang
baru (belum ada/belum terdaftar) terpaksa kita harus berurusan di Sanggau. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Anggota DPR-RI Serap Aspirasi Keluhan BPN Landak"


Powered by www.tvone.co.id