Hutbun Landak Kembangkan Pengwirausahaan Birokrasi

23.30 Diposting oleh HERI IRAWAN
Inovasi Bidang Bunhut Ini Kedepannya Akan Menjadi Motor Pengerak Perekonomian
NGABANG - Program pengembangan sektor perkebunan dan kehutanan pada Dinas Hutbun Kabupaten Landak untuk tahun anggaran 2009, pada dasarnya tetap merupakan pengembangan kelanjutan dari program terdahulu yang di sesuaikandengan Visi dan Misi daerah ini. hanya saja dalam pengembangan di sektor ini tentu akan terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan dan kemajuan daerah yang artinya di sesuaikan dengan realita yang ada di masyarakat saat ini.
Berdasarkan penuturan Vinsensius Plt Kadis Hutbun Kabupaten Landak ketika di hubungi Kapuas Post Selasa (06/01), kemarin mengatakan, untuk tahun 2009 tetap akan menitik beratkan pola pengembangan perkebunan baik Kelapa sawit maupun karet pada pola pemberdayaan. ”Pola ini merupakan salah satu pola yang di pandang cukup efektif sehingga dapat di kelola oleh masyarakat sesuai dengan kemampuan. Kalau untuk Tahun 2009 ini memang tidak jauh berbeda dengan program di Tahun sebelumnya hanya saja saat ini dan kedepannya kita lebih menitik beratkan pada pola pengembangan Pemberdayaan. dan ini artinya kita akan mendidik masyarakat kita yang memang berkeinginan sedangkan untuk pengembangan pola ini, kita juga sudah menyiapkan perkebunan entries di setiap kecamatan yang ada di Landak," ujarnya.
Sehingga katanya, dengan adanya program pengembangan pola pemberdayaan ini merupakan dan di sesuaikan dengan visi dan misi Kabupaten Landak sehingga dengan adanya SOPD  yang baru ini maka Nama Dinas Hutbun juga sedikit mengalami perubahan dari Dishutbun menjadi Disbun-hut (Dinas Perkebunan dan Kehutanan). kendati katanya, pungsi dari dinas ini memang merupakan kedua bidang yang tidak dapat di pisahkan, sehingga keterkaitan sektor ini tetap akan menyatu dalam satu Dinas. "Pungsi kita inikan memang saling terkait sehingga dalam pelayanan kepada masyarakat kita akan tetap berupaya bagaimana mendidik masyarakat kita untuk menanam,mencintai,melindung dan memelihara tanaman maupun hutan kita yang ada dan ini memang harus di lakukan,"paparnya. sedangkabn mengenai beberapa tanaman unggulan yang ada di daerah Kabupaten Landak ini, katanya, masih ada tanaman Karet dan kelapa sawit selain beberapa tanaman yang ada dan dapat di kembangkan. sehingga katanya dalam pengembangan karet pihaknya lebih pada pengembangan pola pemberdayaan dengan melakukan penyediaan kebun entris, pelatihan okulasi sampai pada penyuluhan penanaman dan pengembangan. sedangkan khususnya untuk tanaman kelapa sawit, pihak dinas lebih mengembangkan pilot projeck (percontohan) sehingga masyarakat dapat melihat bagaimana pola pengembangan yang benar. "Kalaukelapa sawit inikan biaya perawatannya cukup tinggi, sehingga dalam pengembangan pola ini kita sudah melakukan pilot projeck atau kebun percontohan yang juga di barengi dengan adanya program kebun sawit keluarga sedangkan kalau untuk pilot projeck ini juga akan di sesuaikan dengan kemampuan kita," katanya.
kendati progran ini juga sejak 2008 yang lalu juga sudah di lakukan di kecamatan Ngabang sebesar 30 Hektar di Desa Ngkaduk Kecamatan Ngabang sedangkan untuk tahun 2009 ini juga masih dengan luasan areal yang sama tetapi juga akan di barengi dengan berbagai pemahaman pada masyarakat sehingga dengan adanya kegiatan ini maka masyarakat dapat lebih memahami baik kelapa sawit maupun karet memang mempunyai potensi yang cukup besar. "yang kita harapkan ini bukan hanya megenai pilot projeck perkebunan keluarga saja tetapi ini juga akan kembangkan pilot projeck Kas Desa yang akan di kelola oleh desa dan ini juga masih sedang kita rintis dan nantinya akan ada kebun sawit kas Desa, kecamatan dan nantinya juga akan kita rencanakan khusus untuk Kabupaten yang di harapkan dapat menambah kas daerah Kabupaten dan ini bisa saja di kelola oleh BUMD ataupun di kelola oleh Dinas terkait," katanya. selain itu seraya mengemukakan, hal ini merupakan halyang wjar dan harus di usahakan di mana upaya ini juga merupakan rencana pengembangan serta upaya penambahan pendapatan Asli Daerah. kendati katanya hal tersebut juga sesuai dengan kata-kata bijak kewirusahaan Birokrasi yang artinya, bagaimana pemerintah daerah ini berupaya mencari mauikan-masukan nilai tambah dalam rangka menambah pendapatan daerah sehingga upaya ini juga merupakan kegiatan yang akan mengarah pada bidang tersebut. "Yang kita magsudkan ini kedepannya sektor kelapa sawit ini tidak hanya di rasakan oleh masyarakat semata tetapi juga dapat menjadi sektor yang dapat di andalkan oleh pihak kecamatan maupun pihak Kabupaten," ungkapnya.
sehingga harapnya dalam rangka pengembangan sektor perkebunan ini bukan hanya terletak pada pengembangan kelapa sawit dan kebun karet saja, tetapi masih banyak potensi yang dapat di kembangkan seperti tanaman koko, kelapa,kopi, pinang dan lainnya, yang pada saatnya nanti juga di harapkan menjadi komoditas unggulan yang ada di Kabupaten Landak, sehingga dalam pengembangan kedepannya daerah Kabupaten Landak bukan hanya bertumpu pada pengembangan kelapa sawit dan karet semata tetapi lebih mengarah pada Inovasi bidang Bunhut yang merupakan perubahan yang akan menjadi motor penggerak perekonomian baik bagi masyarakat,Pemerintah Desa, Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Hutbun Landak Kembangkan Pengwirausahaan Birokrasi"


Powered by www.tvone.co.id