Masuk Tahun 2009 RSUD Tingkatkan Kwalitas Pelayanan

08.56 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Landak bertekad pada tahun 2009 ini, akan lebih meningkatkan kwalitas pelayanan, sarana dan prasarana dan sumber daya manusia-nya.
Demikian dikatakan Direktur RSUD Kabupaten Landak drg. Magdalena Nuraini Sitinjak, kepada Kapuas Post, dua hari lalu di Ngabang.
Dikatakannya hingga saat ini dilihat dari fisik bangunan RSUD Kabupaten Landak seharuanya 1:2, artinya itu untuk luas bangunan dan tanah. Misalnya kalau luas bangunanya 10 maka luas tanah 20. Demikian juga dengan para medis, seharusnya tempat tidur 50 dengan para medis harus 100 orang. ”Sesuai dengan visi kami ingin memberikan pelayanan rumah sakit yang bermutu,” katanya.
Namun kalau kita balik kebelakang, harapan tahun 2010 yaitu Indonesia Sehat. Masuk tahun 2009, hanya tinggal 1 tahun 11 bulan lebih. Seandai-nya ada orang mengatakan RSUD Landak pelayanan tidak bermutu, bagi Nuraini, tidak menapik, bahwa RSUD Landak masih belum termasuk dalam kata gori pelayanan standar nasional. ”Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, tapi coba kita pikirkan umur RSUD Landak ini masih terbilang sangat muda. Mengacu Surat Keputusan (SK) Menkse Tahun 2004, masuk tahun 2009 baru masuk 5 tahun, tepatnya pada tanggal 31 Maret 2009. Sebetulnya sih, sejak tahun 2002, sudah dialihkan dengan SK Bupati, dari Puskemas Rawat Inap menjadi Rumah Sakit, katanlah dikarbit (dipaksa, red),” jelasnya.
Lebih jah dikatakan ibu berkacamata putih ini, sejak pertama datang di RSUD Kabupaten Landak, dengan rasa berterus terang dirinya menagis, tapi bermodalkan tekad dan kerja kersa demi masyaralat Kabupaten Landak. Ia secara perlahan dan pasti sudah berhasil merubah wajah RSUD Kabupaten Landak semakin cantik dan lebih meningkatakan kwalitas pelayanan kepada pasian. ”Saya sempat bingung, dari mana harus saya mulai, akhirnya saya mulai dengan Perda kami. Perda kami itu boleh dikatakan jaman dahulu kala, yaitu Rawat Inap, mana cocok jaman sekarang, dengan nilai Rp. 15 ribu, akhirnya kami ambil standart Jamkesmas dan itu standar nasional untuk orang miskin,” beberanya seraya mengaku sampai sekarang Perda Restrebusi Pelayanan Rumah Sakit Umum Ngabang itu belum juga kelar.
Jika Perda ini sudah disahkan, maka pihaknya untuk berbuat sudah ada payung hukum-nya, sehingga yang tadinya RSUD Kabupaten Landak Tipe D, menjadi Tipe C Terakreditasi”. Itupun dengan Tipe D tidak memenuhi syarat atau standart, dan bertahap pihaknya akan akan meningkatakan sumber daya manusia, peningkatakan sarana. Ini peningkatan jumlah dan kwalitsanya, bukan hanya diirinya yang punya komitmen adalah Pemerintah Kabupaten Landak dan Pemerintah Pusat. ”Saya sudah minta, itu tegantung BKD, dibuat perencanaan tahun pertama, tahun kedua, tahun ketiga untuk pertama hingga yang dibutuhkan mencapai angka 100 perawat,” harapnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Masuk Tahun 2009 RSUD Tingkatkan Kwalitas Pelayanan"


Powered by www.tvone.co.id