Panwas Belum Terima Laporan Pelanggaran Pemilu

23.43 Diposting oleh HERI IRAWAN


NGABANG- Hingga kini Panwas Kecamatan dan Kabupaten Landak belum menerima laporan secara tertulis pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) baik yang dilakukan masyarakat maupun oknum caleg. Kendati belum menerima laporan pelanggaran Pemilu, Panwas tetap punya komitmen bilamana ada pelanggaran Pemilu, akan segera mungkin menindak lanjutinya. ”Sampai sejauh ini memang kita belum ada menerima laporan pelanggaran Pemilu, bisa dilihat dari semua laporan Panwas Kecamatan atau Panwaslu Kabupaten Landak,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Landak Hardianitus, S.Th, kepada Kapuas Post, Selasa(06/01/09), kemarin di ruang kerjanya.
Menurutnya, sesui tugas dan fungsi Panwas apakah di tingkat kecamatan dan kabupaten, bilamana ada menemukan pelanggaran atau komplen, mekanismenya melapor ke Panwas Kecamatan, yang mana sampai saat ini sudah terbentuk beberapa bulan lalu.”Kita minta masyarakiat jangan melapor ke KPUD Kabupaten Landak. Seharusnya laporan itu ke Panwascam. Setelah dari itu akan dipilih pelanggaran administrasi atau pidana. Maka kami akan meneruskan masalah itu, sesuai dengan permasalahannya,” kata Hardianitus.
Selama ini yang terjadi, tambah ia, langsung ke KPUD Kabupaten Landak. Jelas, ini salah alamat. Seperti yang menimpa Paroki Ngabang, soal baliho Parpol dan Caleg, menutupi Gereja Salip Suci Ngabang. Dari kejadian ini, Panwas tidak bisa berbuat banyak, karena surat hanya ditujukan ke KPUD Kabupaten Landak, sedangkan Panwas hanya mendapat surat tembusan. “Kami tidak akan menanggapi masalah ini, karena kami tidak tahu,” tegasnya seraya menambahkan bila mekanisme melalu mereka dan KPUD Kabupaten Landak memberikan perimtah kepada mereka, sudah pati Panwaslu akan bertindak..
Hardianitus berharap kepada seluruh Parpol dan Caleg di Kabupaten Landak, untuk bisa metaati aturan dalam memasang baliho Parpol maupun baliho Caleg. ”Kita harus melihat estetika diman yang layak memasang baliho itu, jangan mencari tempat yang paling bagus, padahal itu menggangu keindahan dan ketertiban umum,” pinta pria vokal ini. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Panwas Belum Terima Laporan Pelanggaran Pemilu"


Powered by www.tvone.co.id