Atraksi Tatung Bius Warga Ngabang

06.41 Diposting oleh HERI IRAWAN


NGABANG- Haus hiburan, bigitulah tampak diraut warga Ngabang dan sekitarnya, Minggu (08/02/09) kemarin. Pasalnya ribuan warga dari berbagai pelosok begitu antusias melihat secara dekat atraksi yang ditampilkan 5 Tatung asal Kota Singkawang, pada perayaan Cap Go Meh 2560 (Tahun 2009, red) di Ngabang.
Suasana lebih ramai ketika arak-arakan group tatung menabuh gendang dan bunyi-bunyian lainnya sejak pagi hingga siang. Sepanjang jalan manusia menyemut berdesakan, sehingga arus lalu lintas mengalami kemacetan.
Pantuan Kapuas Post, berbagai macam rupa dan pakaian dikenakan para tatung. Ada yang berwarna merah, kuning, hitam, dan putih, masing-masing tatung memperlihatkan kebolehannya. Panitia Cap Go Meh Ngabang Kabupaten Landak, sengaja mendatangkan para tatung maupun pemian naga. Ini dilakukan panitia, pada hari ke 14 harai raya tahun baru ini, agar masyarakat Ngabang dan sekitarnya bisa melihat secara dekat atraksi para tatung dan naga. Setap iringan naga, dan tatung selalu diikuti warga dari belakang, malah ada warga pedalaman datang sejak pagi hari ingin melihat tatung beraksi di terminal lama Ngabang.
Aksi yang dilakukan para Tatung memang cukup memukau. Berbagai atraksi dilakukan, mulai dari menusukkan bagian wajah mereka dengan kawat jeruji sepeda, suduk diatas senjata tajam dan sebagainya.
Akibat ulah para tatung ini, penonton dari berbagai sudut kota selama atraksi tampak takut.. Meski agak sepintas agak mendebarkan, tapi apa yang dilakukan tatung itu mengasyikan. Makanya selama atraksi berlangsung, penonton antusias mengabadikan penampilan tatung tersebut dengan kamera, handycam, handphone (berkamera).
Dari kegiatan ini, tampak juga kesibukan dirasakan oleh aparat kepolidian terutama Bagian satuan lalu Lintas Polres Landak. Dititik-titik tertentu tampak aparat bersiaga mengatur jalan raya yang dipenuhi warga pejalan kaki, maupun kenedaraan ropda dua da empat. Tampak sibuk juga dilakukan anggota LLAJ Kabupaten Landak, bersama anggota Lantas mereka bekerjasama yang baik. Kepada wartawan Ketua Panitia Cap Go Meh Ngabang Kabupaten Landak, Robby Wijaya didampinggi Sekretaris Heri Irawan, SP mengatakan, tahun depan kegiatan Cap Go Meh 2561, diusahakan lebih meraih dan lebih banyak mendatangkan Tatung dan Nada, serta Singa. “Kami dari pihak panitia mohon maaf, pawai ini seberanya dijadwalkan tepat pukul 09.00 WIB, tapi berhubung ada diantara pemain tatung kita kemasukan mau tidak mau, acara ini kita mulai sekitar pukul 08.30 WIB,” kata Robby Wijaya seraya mengatakan, acara Cap Go Meh Ngabang dianggap sukses, berkat kerjasama dan partisipasi masyarakat. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Atraksi Tatung Bius Warga Ngabang"


Powered by www.tvone.co.id