Lakukan Pembenahan

08.10 Diposting oleh HERI IRAWAN
Dewan Adat Jelimpo Akan Munculkan 1 Tradisi Kesenian Khusus
JELIMPO - Setelah di Lantik pada tanggal 31 desember 2008 lalu, ketua dewan adat kecamatan jelimpo Marhaki beserta jajarannya saat ini masih akan melakukan berbagai pembenahan yang terkait dengan kegiatan organisasi tersebut terutama mengenai masalah adat istiadat yang ada di kecamatan jelimpo termauk rencana kerja kedepannya. Menurut Marhaki ketua Dewan Adat terpilih kepada Kapuas Post Senin (09/10) kemarin mengungkapkan, saat ini pihaknya masih akan melakukan langkah awal yakni persiapan pembentukan dan pengukuhan terhadap para pengurus yang ada di 7 binua yang ada di daerah kecamatan jelimpo.
"Langkah awal kita saat ini adalah, kita masih akan melakukan berbagai persiapan terutama pembentukan dan setelah itu di lakukan pengukuhan terhadap pengurus adat yang ada di daerah kecamatan jelimpo ini," Ujarnya.
kendati selama ini ungkapnya pihaknya juga masih akan melakukan berbagai pengumpulan data mengenai keberdaan adat-istiadat yang ada di 7 binua yang ada. karena katanya dari semua adat yang ada di daerah ini akan di rekrut agar dapat menjadi salahsatu dekumen yang dapat selalu di lestarikanke depannya.
"Di Kecamatan Jelimpo inikan ada 7 binua dan dari 7 binua ini juga akan ada beragam adat istiadat dan budaya, dan ini akan kita ambil dulu dan kita lakukan pendataan. dan setelah rampung nanti kita juga akan melakukan pertemuan dengan pihak terkait untuk membicarakan bagaimana upaya ke depan," ungkapnya.
Mengenai pemberlakuan adat yang berlaku di Kecamatan Jelimpo akan menggunakan satu adat-istiadat yang sudah merupakan perpaduan dan keputusan yang akan di lakukan bersama-sama.
Untuk saat ini di daerah ini ada mempunyai ketetapan dua adat - istiadat yang selalu di pakai oleh masyarakat adat terutama dalam proses hukum adat terhadap penyelesaiankasus yaitu adat tail dan rial. sehingga ke depannya hal tersebut tidak mungkin dapat di berlakukan tetapi semestinya harus ada di antara salahsatu yang tidak di pakai.
"Selama ini masyarakat kita masih menggunakan dua kebiasaan yaitu real dan tail tetapi nantinya kita tidak bisa memkai semuanya, tetapi cukup satu saja yang kita pakai, ya tergantung dari kesepakatanlah bagaimana nantinya," paparnya. sementara itu lanjutnya yang juga di dampingi oleh sekertarisnya Asun DM mengungkapkan, di sisi Kebudayaan Seni pihaknya juga sudah merencanakan khusus untuk kecamatan jelimpo akan di lakukan ada satu kesenian yang akan di pilih menjadi salah satu kesenian khas untuk kecamatan jelimpo. sehingga lewat kesenian ini nanti kecamatan ini akan dapat di kenal dengan salah satu kesenian yang merupakan prioritas kesenian khusus. "Ini akan kita pilih nanti mana yang cocok sebagai kesenian khusus.
Misalnya Notokng yang berasal dari daerah Angan atau kesenian lainnya yang di anggap layak sebagai kesenian khusus kecamatan ini akan kita pilih menjadi salah satu ciri khas kecamatan. dan lewat kesenian ini maka di kecamatan jelimpo kakan dapat di kenal melalui hal ini," harapnya.
Terkait adanya program tersebut, pihaknya juga akan melakukan pembentukan salah satu sangar yang juga akan menjadi salah satu kelompok yang kan menangani kesenian tersebut," ungkapnya hanya saja katanya segala sesuatunya sampai saat ini tentu masih akan memerlukan penanganan dan musyawarah bersama masyarakat.
Sekecil apapun keputusan yang di hasilkan haruslah berasal dari keputusan bersama sehingga nantinya tidak menimbulkan berbagai polemik dan keberadaan berbagai program kerja tersebut akan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang di harapkan bersama. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Lakukan Pembenahan"


Powered by www.tvone.co.id