Statusnya Sudah Jalan Propinsi
NGABANG - Setelah diadakan perbaikan beberapa kali, ternyata keberadaan jalan Serimbu Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak yang sudah lama menyandang predikat jalan propinsi ternyata masih mengalami kerusakan yang cukup parah. Padahal pasca perbaikan yang hanya menghitung bulan tersebut, seharusnya kondisi jalan ini dapat lebih baik tetapi ternyata sebailknya kerusakan jalan tersebut belum juga dapat teratasi dengan baik.
Menurut Minadinata SH dari Komisi C DPRD Kabupaten Landak mengungkapkan kepada Kapuas Post Senin (02/02) kemarin, setelah beberapa kali di perbaiki jalan tersebut selalu mengalami kerusakan, seharusnya Pemerintah harus melakukan pengkajian ulang sehingga perbaikan jalan ini akan dapat bertahan lama.
"Kalau memang seperti apa yang di katakan oleh masyarakat itu bahwa jalan ini tidak mempunyai pondasi yang kuat, saya rasa di perbaiki bagaimanapun akan sama dengan tidak, karena bagaimanapun juga sumber kekuatan jalan inikan pasti ada pada pondasi jalan. dan kita harap hal ini harus di kaji ulang oleh pemerintah," pinta Legislator dari PDS ini.
Selain itu, Caleg dari PDS ini mengharapkan terkait dengan adanya kerusakan jalan serimbu yang sudah berstatus jalan propinsi itu, sebaiknya sebelum ada kegiatan yang mengarah pada pemeliharaan dan pungsi jalan setidaknya Konsultan harus dapat melihat secara langsung sehingga dari kondisi jalan yang ada konsultan akan dapat mengetahui kondisi pembangunan yang seharunya di bangun.
"Sekarangkan menyangkut masalah kelayakan jalan, kalau dulu jalan serimbuh puluhan tahun yang lalu itukan statusnya masih jalan kecamatan kemungkinan kapasitas kekuatan jlan ini juga masih di bawah standar artinya sekarang ini seiring dengan perkembangan maka status juga sudah jalan propinsi maka kekuatan jalan yang ada juga harus berubah dan ini harus," ungkapnya.
apalagi katanya, jalan yang ada sekarang yang masih di lewati oleh kendaraan dalam kota Kecamatan saja sudah tidak mampu lantas bagaimana kedepannya kalau jalan yang ada sudah di lewati oleh kendaraan antara Propinsi yang beratnya sudah mencapai belasan bahkan ratusan ton.
Sehingga, dengan melihat kondisi yang ada seraya mengatakan, keberadaan jalan yang ada khususnya di jalan Serimbu di harapkan Pemprov Kalbar harus melihat kondisi yang ada.
"Memang harus seperti itu, karena kita tahu, apakah jalan ini harus seperti ini kalau memang harus di tambah atau di kuatkan pondasinya memang harus di laku kan seperti yang saya katakan tadi, antara kekuatan jalan yang ada sekarang jelas beda dengan kekuatan jalan yang nantinya akan di lewati kendaraan yang bermuatan berat, sekarang saja di lewati kendaraan yang muatannya hanya 5 atau kurang dari 5 ton saja jalan yang ada sudah rusak, dan inikan artinya sebelum di lakukan pemeliharaan sebaiknya konsultan harus melihat kelayakan artinya layak tidak kalau hanya di lakukan perehapan lalu bagaimana dengan pondasinya, menjamin atau tidak," paparnya.
Kendati katanya, kalau saja perbaikan selalu di lakukan sementara penyebab kerusakan tersebut seolah-olah tidak di ketahui, maka akan percuma saja karena hanya mampu bertahan beberapa bulan. tetapi kalau pangkal kerusakan itu sudah di ketahui maka bagaimanapun pembangunan jalan itu akan dapat bertahan lama sesuai dengan keinginan.
Sementara itu harapnya, kepada pihak masyarakat juga di harapkan dapat berpartisipasi untuk tetap menjaga keamanan jalan, sehingga jalanyang ada akan selalu baik dan terhinda dari kerusakan.
"Hasil pembangunanyang ada ini kita juga meminta kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga dan memelihara kondisi jalan yang ada karena ini adalah untuk kita demi kelancaran kita bersama ini juga yang kita harapkan," pintanya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Parahnya Kerusakan Jalan Serimbu, Semestinya Pemerintah Mengkaji Ulang"


Powered by www.tvone.co.id