Wujudkan Pembangunan Landak di Sektor Budaya

08.08 Diposting oleh HERI IRAWAN


V. Syaidina L : Arak dan Judi Bukan Tradisi Orang Dayak
NGABANG - Pesatnya perkembangan pembangunan yang saat ini ada di Kabupaten Landak, merupakan kerja keras yang sudah di lakukan oleh pemerintah. Namun demikian dari berbagai paktor kemajuan tersebut tentu hal yang tidak dapat terlepas dari adanya keharmonisan dan kerja sama yang baik antara semua elemen yang ada. sehingga ke depannya dari semua sisi perkembangan tersebut haruslah dapat terkuak dengan baik yang intinya dapat di rasakan oleh seluruh masyarakat yang ada di daerah ini. sementara untuk pembangunan di sektor kebudayaan juga merupakan salah satu sektor yang harus sealalu di munculkan. kendati sektor ini merupakan salah satu hal yang menggambarkan kultur serta ciri khas masyarakat yang ada. "Kalau kita ini hidup, tentu tidak bisa di lepaskan dari kebudayaan kita yang ada masing. Apakah itu Dayak, Melayu, jawa dan lain-lain. dan budaya ini jauh sebelum merdeka dulu memang sudah ada, kenapa harus di lupakan, dan ini harus tetap di lestarikan," ujar V. Syaidina L, Ketua Dewan Adat Kecamatan Ngabang kepada Kapuas Post Minggu (01/02) kemarin.
Menurutnya sektor ini akan dapat memperkenalkan tradisi dan kultur masyarakat yang ada pada setiap daerah. sedangkan untuk daerah Kabupaten Landak, katanya pihaknya tetap komit untuk melakukan berbagai upaya agar sektor ini tetap berkembang dengan baik. Di lihat dari potret daerah yang sudah mengalami kemajuan, sektor ini sudah menjadi salah satu penyumbang devisa bagi kemajuan daerahnya. untuk itu di kabupaten Landak sendiri yang terdapat aneka ragaman budaya juga akan dapat seperti itu apabila di kelola dengan baik dan konsisten.
"Salah satu yang saat ini sudah sangat di Kenal itukan Acara Adat Naik Dango dan ini sudah merupakan agenda tetap Pemda. sementara bidang lainnya ini juga masih banyak yang harus kita gali dan di benahi sehingga juga mampu tampil di event-event yang kita gelar. dan saya yakin kalau kita lakukan dengan baik maka sektor ini akan mampu memberikan dukungan bagi kemajuan pembangunan daerah, " ungkap Caleg PDI P ini.
Sedangkan di sektor lain yang mempunyai keterkaitan langsung dengan adat-istiadat seperti sejumlah kawasan wisata yang ada di daerah Kabupaten Landak, seharusnya juag harus sudah di rancang agar dapat di kelola dengan baik. kendati sektor ini, kalaupun sementara belum di kunjungi oleh wisatawan dari luar, setidaknya akan di kunjungi oleh masyarakat yang ada di daerah ini. sehingga dari satu sisi kegiatan ini sudah pasti akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.
"Kalau di sisi budaya, seperti sekarang ini sebenarnya ini memang sudah resiko pengaruh perkembangan jaman artinya pengaruh yang masuk ini akan sangat beragam dan sulit di bendung,” jelas Caleg nomor urut 4, Dapil Landak 1.
Hanya saja yang harus di lakukan adalah ketika hal ini masuk semestinya harus melewati filter dan dalam hal ini peranan orang tua dan masyarakat ini akan sangat menentukan. Dan, sama halnya ada anggapan yang mengatakan kalau budaya minum arak dan perjudian itu adalah budaya orang dayak. bukan, itu bukan budaya dayak. ”Kalau jaman dulu orang daya memakai arak atau tuak itu hanya untuk sesajian atau keperluan lainnya bukan untuk mabuk-mabukan. kalaupun ada yang terjadi seperti itu, itu namanya sudah masuk dalam pengaruh pergaulan tetapi bukan budaya,” tegasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Wujudkan Pembangunan Landak di Sektor Budaya"


Powered by www.tvone.co.id