NGABANG- Dalam upaya melakukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 mendatang, kepolisian RI mempersiapkan berbagai kelengkapan termasuk gelar operasi bersandi Mantap Brata dengan mengerahkan 2/3 kekuatan Polri,di halaman Mapolres Landak, Rabu (11/03) kemarin.
Dalam kata sambutan Kepala kepolisian Negara Repoblik Indonesia Jendral Drs, H Bambang Hendarso Danuri,M.M, dibacakan Kapolres AKBP Drs Tony EP Sinambela, M.Si menyatakan kepercayaan masyarakat harus kita jawab dengan kesungguhan dan keiklasan hati yang diwujudkan dengan keseriusan dalam pelaksanaan tugas pengamanan, sehingga rasa aman yang menjadi dambaan seluruh masyarakat benar-benar dapat terujudkan,” ujarnya.
Dikatakannya juga Pemilu 2009 merupakan agenda Nasional, dari perjalanan demokrasi di indonesia yang harus disikapi dengan penuh kedewasaan dan kematangan berpikir maka demokrasi sebuah sistem politik yang akan dapat berjalan efektif dalam mengelolah kehidupan kebangsaan dan negara. “Untuk mencapai kondisi tersebut maka diperlukan kesadaran seluruh elemen masyarakat,” katanya.
Untuk menindak lanjuti kerawanan yang akan timbul didaerah rawan konflik, kata Tony, Polres telah mengelar Operasi Mantap Brata yang bertujuan untuk mengamankan jalannya pemilu serta mengelar latihan gabungan dalam penanggulangan terorisme yang merupakan ujud kesiapan untuk memantapkan situasi menjelang pemilu. “Saya menghimbau agar seluruh masyarakat turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan situasi yang kondusif selama pelaksanaan pemilu,” himbaunya.
Kapolri menambahkan, pengamanan Pemilu akan dilakukan secara bertahap yakni pada tahap kampanye, masa tenang dan pemungutan suara dengan menerjunkan 2/3 kekuatan polri. Sedangkan saat penetapan hasil pemilu, penetapan kursi dan pengucapan sumpah janji akan diterjunkan 1/3 kekuatan.
Pada pengamanan gelaran pesta rakyat tersebut, Polri tidak sendiri. Perbantuan dari pihak Tentara Nasional Indonesia dengan jumlah 24.000 personel juga akan dikerahkan. Selain itu, katanya, 1.223.227 personil perlindungan masyarakat (linmas) juga turut serta dalam upaya pengamanan jalannya Pemilu 2009. (wan
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Amankan Pemilu, Polri Gelar Operasi Mantap Brata 2009"


Powered by www.tvone.co.id