Susun RKPD, Dewan Banyak Tak Hadir

08.54 Diposting oleh HERI IRAWAN


Tahun Depan Tidak Ada lagi Proposal Langsung Dibupati
NGABANG- Rabu (11/3) kemarin di Aula Bappeda Landak, Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot Msi membuka acara Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tahun 2009 untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Landak tahun 2010. Namnun sangat disayangkan banyak anggota DPRD tak hadir.
“Sebetulnya memang teman-teman kita di DPRD juga sangat berkepentingan hadir dalam kesempatan ini, sehingga tidak tiba-tiba masuk setelah pembahasan usulan ini usulan itu yang ndak tentu-tentu. Jadi banyak yang tidak disiplin dengan prosedur yang sudah disepakati bersama,” kata Adrianus.
Dikatakan bupati, adanya prioritas-prioritas pembangunan, ia sudah berkali-kali menegaskan tidak ada lagi proposal dan segala macam bentuk yang diajukan langsung ke Bupati. Kalau masih demikian, ia menilai bahwa mekanisme dibawah tidak jalan. Sebab dibawah mekanisme ini ada Musbangdes, Musrenbang Kecamatan sampai kepada Musrenbang Kabupaten. “Apa gunanya itu semua, kalau mekanisme ini tidak jalan, sebaiknya kita hentikan saja. Inikan membuang-buang biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu saya minta kepada semua para Camat supaya melaksanakan mekanisme ini dengan baik dan sungguh-sungguh di tingkat Kecamatan. Sehingga tidak ada lagi yang nyelonong ke Bupati bawa proposal,” ungkapnya.
Ditegaskannya untuk ke depan Bupati tidak akan menerima proposal lagi dan diharapkan agar program pembangunan prioritas yang akan disusun itu memang betul-betul prioritas, jangan hanya prioritas diatas kertas. Prioritas inipun harus disesuaikan dengan RPJMD dan RPJPD. “Forum ini sungguh-sungguh dimanfaatkan untuk menyusun program prioritas masing-masing SKPD. Program prioritasnyapun harus diperhatikan. Jangan justru kegiatan-kegiatan penunjang, belanja-belanja rutin yang lebih besar dananya daripada belanja publik,” ujar Adrianus.
Adrianus meminta agar masalah ini harus diperhatikan, sehingga jadwal waktu yang sudah ditentukan dalam penyusunan RAPBD 2010 bisa ditaati. Bupatipun meminta bahwa bulan Mei ini perubahan anggaran 2009 harus dilaksanakan. Sedangkan bulan Juni ini KUA sudah harus disusun. “Paling lambat Agustus ini PPAS sudah harus ada dan Agustus kita sudah mulai teken. Persetan dengan anggota dewan mau baru atau mau yang lama, mau masuk atau tidak. Ini saja kita undang berkali-kali tidak ada yang mau datang. Nanti giliran sudah mau pelaksanaan, kita diomeli, dipojokan dan segala macam,” tandas Adrianus. Dalam acara Forum SKPD tampak hadir para asisten, para kepala instansi, para Kepala Bidang dilingkungan Pemkab Landak, para Camat se Landak dan para peserta lainnya sedangkan dari perwakilan DPRD tak hadir padahal undangan sudah disampaikan menurut panitia. (wan/humas)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Susun RKPD, Dewan Banyak Tak Hadir"


Powered by www.tvone.co.id