Penggunaan Bahasa Indonesia Baik dan Benar

14.11 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Kekayaan budaya dan bahasa yang di miliki oleh Indonesia merupakan salah satu keaneka ragaman http://www.blogger.com/img/blank.gifyang memberikan warna dalam kehidupan di negara ini. karena perbedaan baik bahasa, budaya yang di miliki oleh setiap daerah bukan membberikan perbedaan yang lain, tetapi perbedaan tersebut tetap akan menjadikan negara ini tetap menyatu untuk menuju perkembangan dan kemajuan yang lebih baik.
Untuk itu menurut Nu Santun, Kasub Tata Bahasa Balai Bahasa Kalbar, di seala-seala kegiatan Apresiasi Sastra Indonesia dan Membina Budi Pekerti Bangsa, di aula Dinas Pendidikan Kabupten Landak Kamis (05/03), kemarin.
Dia menuturkan, kegiatan ini lebih memfokuskan pada cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, artinya bukan menganggap bahwa yang ada saat ini kurang baik tetapi penggunaan bahasa tersebut di harapkan akan dapat lebih baik lagi.
"Kita bukan menganggap tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik bukan, tetapi yang di maksudkan di sini adalah bagaimana para dewan guru maupun tenaga lainnya dapat mengapresiasi hal ini pada sisi sastra dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. terutama supaya bagaimana kita lebih menghargai budaya yang ada," ujarnya.
Sementara itu, kegiatan ini juga di harapkan dapat menjadi motor bagi paga guru yang ada di sekolah agar dapat lebih meningkatkan pemberian pelajaran tentang berbahasa yang baik maupun cara untuk tetap menghargai budaya yang ada sehingga hal ini akan dapat terus tertanam dalam diri peserta didik.
Sedangkan di sisi kebudayaan, katanya apa yang sudah di miliki oleh Negrara Indonesai merupakan negara yang kaya akan budaya dan bahasa. namun demikian walaupun berbeda-beda namun tetap satu sesuai dengan Semboyan Bhenika Tunggal Ika. hanya katanya upaya yang harus di tanamkan pada peserata didik oleh para guru yang ada di sekolahan, adalah bagaimana upaya untuk mencegah budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang artinya memberkan batasan atau filter terhadap kebudayaan luar yang sangat mudah di terima oleh generasi muda terutama mengenai pergaulan bebas. "Inilah yang harus kita upayakan kedepannya agar bagaimana generasi kita itu kalau dalam menerima pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan budaya kita itu dapat di bendung melalui filter, yang artinya jangan langsung di telan mentah-mentah tanpa ada pengontrol yang dapat membendungnya misalnya budaya pergaulan bebas, memakai pakaian yang tidak sesuai pada tempatnya, ini adalah budaya bebas dan kegiatan ini kita magsudkan agar bagaimana cara-cara tersebut dapat di mengerti oleh generasi kita yang ada sekarang ," harapnya.
Khusus di Kalbar katanya, memang budaya ini masih cukup baik hanya kedepannya ini yang harus segera di antisipasikansupaya kebudayaan yang kurang baik dapat di bendung dengan baik untuk itu katanya, pembeakalan tersebut mameng harus di mulai sejak dini agar dapat di pahami dan ke deapannya akan dapat menjadi filter bagi generasi penerus. Disisi lain terutama terkait dengan kecanggihan teknologi ini juga dapat memberikan pengaruh besar pada generasi yang ada sehingga katanya, yang berperan besar adalah para guru yang ada di sekolah terutama memberikan bekal pada peserta didik agar tidak terlalu terpengaruh pada baik layanan Internet maupun Hp yang sering kali di salah gunakan.
Kalaupun mengenai penggunaan bahasa terutama pada bahasa daerah itu merupakan hal yang tidak ada masalah karena itu merupakan kekayaan yang di miliki oleh bangsa ini. "Kalau menggunakan bahasa misalnya bahasa daerah itu tidak masalah dan tidak ada pengaruh justru itu hal yang baik karena semakin banyak kita menguasai bahasa itu akan lebih baik hanya penggunaannya itukan ada tempatnya, dan inilah perbedaan. artinya walaupun berbeda tetapi kita tetap satu tidak ada perbedaan," terangnya.
Menurut Valentinus A.Md kepala SMPN 1 Ngabang kegiatan yang di laksanakan oleh pemerintah pusat ini merupakan kegiatan yang cukup baik di mana melalui kegiatan ini akan dapat memberikan bekal kepada guru agar dapat memberikan pemahaman baik dalam penguasaan bahasa maupun efek dari kebudayaan yang kurang sesuai dengan Indonesi.
"Memang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, itu penting dan ini harus di miliki oleh siapapun karena inikan bahasa Negara, sedangkan bahasa lain seperti bahasa Inggris itukan sebagai bahasa International dan ini juga wajib di kuasai ini bekal bagi generasi kita," ujarnya.
Mengenai bahasa lain, katanya, merupakan hal yang penting harus di kuasai kalau bisa, karena ini semua adalah bekal untuk melangkah ke depan. Untuk itu katanya di SMPN 1 Ngabang sendiri mendidik siswa untuk menguasai bahasa International itu merupakan pelajaran yang wajib di kuasai oleh siswa. "Sebagai guru kita ingin agar siswa kita yang ada dapat berahasil dengan baik terutama penguasaan bahasa international dan pemahaman Teknologi seperti internet dan ini juga di barengi dengan upaya filternya. artinya yang kita ambil itu hanya sisi baiknya saja tetapi sisi negatifnya itu mohonlah dikesampingkan," harapnya.
Jongki, S.Pd, kepala sekolah SMPN 4 Ngabang mengungkapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu merupakan hal penting harus di kuasai selain bahasa daerah yang juga merupakan kekayaan bangsa. Dan mengenai masalah penerapannya di sekolah, memang ini sudah merupakan kewajiban setiap sekolah untuk memberikan didikan yang tepat pada setiap siswa. "Untuk SMPN 4 ini memang sudah kita lakukan karena memang inilah tugas kita sebagai guru terutama bagaimana menghadapi budaya bebas dan ini juga sudah kita informasikan juga pada pihak orang tua murid agar bersama - sama mendidik siswa yang ada ini adalah upaya agar generasi kita yang ada akan dapat lebih baik dari sekarang," pintanya.
Selain itu ungkapnya mengenai kegiatan ini memang cukup baik dan juga di harapkan ke depannya akan dapat di lakukan pada guru dalam kopetensi yang bekerja sama dengan Diknas Landak. sehingga ini dapat mengakomodir tenaga yang ada terutama dalam membangun karier guru.
"Saya kira hal ini juga dapat di lakukan di tingkat SMP karena kita sudah mempunyai wadah yaiut MKKS dan kita harus bekerja sama dengan Diknas untuk mengakomodir, kan ada pembangunan karier guru,” harap Ketua MKKS SMP Kabupaten Landak ini.
Untuk itu diberharap dengan adanya kegiatan ini dan apa yang sudah dapat di terima melalui kegiatan ini agar dapar di terapkan di sekolah masing - masing yang di harapkanke depan sekolahyang ada di daerah ini akan dapat lebih baik dari yang ada sekarang. (wan).
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Penggunaan Bahasa Indonesia Baik dan Benar"


Powered by www.tvone.co.id