Tumbuhkan Rasa Kesadaran

00.12 Diposting oleh HERI IRAWAN
Jumat Bersih Tetap Terus di Galakkan
NGABANG - Dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan rapi merupakan salahsatu tantangan yang harus di di hadapi oleh pihak Kantor kebersihan dan pertamanan Kota Kabupaten Landak. kendati untuk merubah pola pikir yang ada pada masyarakat memang bukan semudah membalikan telapak tangan, tetapi secara perlahan-lahan untuk mencapai hal ini akan dapat tercapai walaupun harus memakan waktu.
Dikatakan F. Asius, Pj. Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Landak kepada Kapuas Post rabu (04/03) di ruang kerjanya kemarin mengatakan, untuk mengupayakan Kota Ngabang agar dapat menjadi kota yang bersih dan rapi pihaknya tetap akan menjadikan gerakan Jumat bersih tetap merupakan salah satu gerakanyang harus selalu dan senantiasa di lakukan yang melibatkan semua unsur dan dinas serta Instansi terkait. "Ya, salah satunya kegiatan Jumat bersih tetap merupakan salah satu kegiatan yang paling efektif untuk mewujudkan Kota Ngabang yang nota benenya sebagai Ibu Kota Kabupaten Landak, selain kegiatan rutin yang di lakukan oleh pasukan kuning. dan kegiatan jumat bersih ini juga akan melibatkan berbagai unsur termasuk masyarakat ini di harapkan ada kesadarannya ini yang kita harapkan," pintanya.
Kendati selama ini, secara sekilas memang rasa kesadaran yang di miliki oleh masyarakat khususnya yang ada di daerah lingkungan pasar Ngabang itu masih sangat perlu ada perubahan di mana tidak jarang saat ada kegiatan gerakan kebersihan masih ada yang selalu menjadi penonton bahkan ada yang memprotes kalau di minta warungnya di minta tutup sebentar.
"Kalau kegiatan kebersihan ini kita minta para pemilik warung itu harus tutup sebentar karena pada kegiatan yang kita lakukan ini siapa tahu ada percikan yang di akibatkan oleh perbersihan parit kan kotor tetapi ternyata masih ada yang protes kenapa kami harus tutup sebentar, jangan kan mereka turun juga dalam kegiatan ini, malahan memprotes," ungkapnya.
memang hal ini terjadi pada hari pertama pada kegiatan tersebut. tetapi padahari ke-2 kegiatan itu nampaknya sudah dapat berjalan baik tanpa ada lagi yang memprotes dan ini sudah pasti yang paling di harapkan yang selalu menjadi penonton kala para pejabat maupun petugas kebersihan melakukan pembersihan di depan rukonya maka ke deapannya di minta untuk dapat berpartisipasi bukan hanya menjadi penonton semata. karena untuk di tonton saja tidak lah cukup kalau lingkungnan selalu menjadi kumuh.
Sedangkan upaya lain dalam rangka untuk meningkatakan nilai kebersihan kota Ngabang terutama pada penilaian Adipura tahun 2009 ini, terutama pada daerah yang merupakan titik pantau Adipura, pihaknya akan melakukan pertemuan secara langsung dengan pihak yang bersangkutan.
"Pada sejumlah Kantor dan sekolahan yang menjadi titik pantau Adipura 2009 ini kita juga akan leamakukan pertemuan secara langsung yang initinya agar pihak tersebut dapat membenahi perakarangan dan sekitar daerah mereka masing-masing. tetapi yang lebih prinsip, bukan hanya pada daerah yang menjadi sasaran penilaian adipura sajatetapi kepada semua kantor maupun dinas gar dapat melakukan kegiatan kebersihan pada lingkungannya masing-masing karena sebenarnya mengenai kebersihan itu bukan hanya menjadi tanggung jawab kantor kebersihan semata, tetapi ini sudah menjadi tanggung jawab bersama," paparnya.
Ia menambahkan semuanya hanya dapat terlaksana apabila ada kerjasama yang baik dan ada rasa saling memiliki. sebab klaau tanpa adanya rasa itu maka semua kegiatan tentu tidak akn dapat berjalan dengan baik. untuk itu Seraya mengakui opitmis kedepan Kabupaten Landak akan dapat berhasil dalam program kebersihan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Tumbuhkan Rasa Kesadaran"


Powered by www.tvone.co.id