Atasi Keterbatasan Pasokan Listrik

09.26 Diposting oleh HERI IRAWAN
Pemda Landak Beri Bantuan PLTS
NGABANG - Upaya mengatasi keterbatasan pasokan dan kemampuan PLN dalam rangka menyalurkan tenaga listrik kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat yang berada di daerah yang masih sangat terpencil, Pemda Landak kembali akan melakukan pemberian bantuan PLTS (Pembangk Listrik Tenaga Surya). Walaupun bantuan tersebut masih sangat terbatas, tetapi bantuan tersebut merupakan jadwal rutin yang akan selalu ada pada setiap tahunnya.

"Untuk tahun 2009 ini kita akan memberikan bantuan PLTS sebanyak 10 unit kepada masyarakat kita yang berada di daerah pedalaman yang belum dapat terjangkau listrik dan ini merupakan bantuan dari APBD," ujar Yosep, Sekertaris Dinas Pertambangan Kabupaten Landak, kepada Kapuas Post rabu (29/04), di ruang kerjannya kemarin.
Dikatakannya dari jumlah 10 unit ini merupakan bantuan dari pemda Landak yang dalam hal ini dari Dinas pertambangan dan Enerji Kabupaten Landak, sedangkan yang banyak itu berasal dari bantuan APBN. Hanya saja mengenai bantuan dari APBN sampai saat ini pihaknya belum mengetahui berapa jumlahnya. tetapi yang pasti jumlah itu biasanya banyak.
"Kalau dari APBN itu biasanya banyak, hanya kita sendiri belum mengetahui berapa jumlahnya, hanya kita berharap mudah-mudahan itu banyak sehingga dapat memberikan peluang kepada masyarakat kita yang berada di daerah yang terpencil,"pintanya. Dikatakannya, sampai saat ini pula, pihaknya juga belum mengetahui daerah mana-mana saja yang akan mendapatkan bantuan tersebut, karena sebelum melakukan pemberian bantuan pihaknya juga akan melakukan kordinasi atau meminta masukan dari Bupati.
"Kita akan bertemuan dulu dengan Bapak Bupati meminta petunjuk dari beliau, kalau semuanya sudah rampung maka barang-barang tersebut akan segera kita pasokan di daerah tersebut,"terangnya.
Di jelaskannya, mengenai kemampuan dari PLTS itu sendiri, yang masih sangat terbatas serta kemapuan Pemda juga masih sangat terbatas, maka di tetapkan dalam satu unit PLTS akan di gunakan 3 rumah tangga. Memang di sadari peraturan yang ada mengharuskan dalam satu unit itu untuk satu rumah tangga tetapi, karena jumlahnya ang masih sangat terbatas maka ini akan di gunakan oleh 3 rumah.
"Itu aturan mengharuskan seperti itu,tetapi karena barang ini masih sangat terbatas, ya seperti itu supaya yang lainnya juga mendapatkan penerangan yang sama. karena kemampuan daya PLTS itu juma hanya sebesar 50 watt maka kita sarankan supaya dalam satu rumah tangga harus menggunakan 2 buah bola lampu, "paparnya.
Hanya yang terpenting dalam menyikapi kata bantuan ini adalah, di harapkan masyarakat yang kebetulan sudah mendapatkan PLTS, agar dapat memelihara dan menjaga keberadaan alat tersebut. karena katanya sering kali terjadi jarang sekali masyarakat yang sadar akan perbaikan tersebut sehingga apa yang sudah di berikan itu tidak akan dapat bertahan lama.
"kita mohonlah agar masyarakat kita dapat menjaga dan memelihara pasilitas yang sudah di berikan oleh pemerintah, anggap sajalah itu sudah milik pribadi dan jaga supaya barang ini dapat memberikan mempaat yang besar bagi masyarakat,"pintanya.
Karena menurutnya terkadang hal ini akan sangat mudah terjadi, dalam arti merasa itu barang bantuan dari pemerintah maka tidak di jaga dengan baik dan tidak dapat bertahan lama. tetapi kali ini seraya memohon untuk dapat menjaga fasilitas tersebut dengan baik sehingga dapat selalu berpungsi dengan baik yang juga untuk kepentingan masyarakat yang berada di daerah. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Atasi Keterbatasan Pasokan Listrik"


Powered by www.tvone.co.id