Distan Landak Bentuk UPP Peternakan

00.26 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Kurang berhasilnnya petani ternak yang ada di daerah kabupaten Landak Sebenarnya bukan terletak hanya pada salah tehnis semata, melainkan itu terjadi pada beberapa aspek. Sehingga dalam pengelolan bidang peternakan itu ke depan, Pemerintah Kabupaten Landak khususnya Distan yang dalam hal ini sudah akan mengambil dan melakukan 4 kebiajakan yang meliputi pembibitan ternak, di mana bidang ini merupakan kegiatan awal yang dapat menunjang keberhasilan kegiatan yang ada di masyarakat.

Kabid Peternakan dan Perikanan Distan Kabupaten Landak Gst. Basrun kepada Kapuas Post Jum’at (03/04) kemarin mengungkapkan, pembibitan itu sendiri sangatlah memegang peranan peting bagi masyarakat yang artinya jika bibit yang ada itu baik maka hasilnya juga akan dapat lebih baik. sementara itu pembibitan itu sendiri ada 2 versi yaitu ada pembibitan di pemerintah dan ada juga pembibitan di masyarakat. Sedangkan upaya ini merupakan upaya menunjang kebutuhan yang ada di masyaraka. sedangkan yang ke dua adalah membangun UPP peternakan baik UPP babi, sapi maupun UPP lainnya. "Mengenai UPP lainnya ini masih kita jejaki, artinya kita lihat bagaimana prospek kebutuhan di masyarakat, karena kalau sapi dan babi ini itukan sangat di butuhkan apalagi kalau pada saat hari raya," jelasnya.
Karena menurutnya seperti tahun yang sudah lalu terjadi lonjakan harga pada daging, dan ini memang di sebabkan oleh kekurangan persediaan stok yang ada di pasaran dan menyebabkan kenaikan harga.
Melihat kondisi seperti ini, maka menurutnya ke depannya di Kabupaten Landak tetap akan berupaya agar stok yang di miliki ini tidak dapat sampai menimbulkan kekurangan yang berimbas pada kenaikan harga saat hari raya.
"Ya kitakan tidak mungkin harus selalu mengandalkan pasokan kebutuhan daging itu selalu dari luar. setidaknya kita juga harus mampu memenuhi kebutuhaan masyarakat kita," katanya.
Sedangkan mengenai pola-pola pelaksanaan juga harus di atur sedemikian rupa sehingga dalam penerapannya itu tidak terjadi kegagalan. terutama penataan kelompok maupun pola-pola kegiatan dan setealah itu barulah pola kegiatan produksi dapat berjalan. karena untuk sekarang ini peluang tersebut juga sudahterbuaka lebar hanya tergantung dari kejelian petani untuk melihat kesempata itu terutama pada penambahan modal usaha apakah itu di lakukan dengan Bank maupun dengan CU.
Dikatakan kalaupun untuk saat ini pihaknya secara lagsung akan melakukan Caneling dengan pihak Bank atau pihak lainnya, Seraya kuatir kondisi tersebut tidak akan berhasil maksial mengingat ketersediaan bibit ternak masih belum tersedua dengan baik.
"Meamang bibit ini yang harus kita persiapkan dulu kalau ini sudah tersedia maka kita akan berupaya memfasilitasi para petani dengan pihak Bank dan kita harapkan upaya ini akan dapat berjalan baik," harapnya.
Apa lagi menurutnya untuk mendapatkan bibit ternak dari Pemerintah Sekarang ini bukan seperti beberapa tahun yang lalu, tetapi sekarang para petani harus mengajukan permohonannya melalui Musrenbang yang di lakukan awal tahun anggaran. adapun hal ini di lakukan adalah jangan sampai ada tanggapan Kelompok Siluman yang artinya kelompok petani yang di prioritaskan.
"Sekarang ini petani yang akanmendapatakanbantuan bibit ternak, tidak dapat lagi mengajukan permohonan secara langsung kepada Distan, permohonannya harus di ajukan pada Kadesnya masing-masing yang akan di bahas melalui Musrenbang. dan di Landak tidak ada lagi Istilah Kelompok siluman semuanya harus melalui pengajuan lewat musrenbang,"paparnya.
Sehingga dengan adanya hal ini akan dapat di ketahui daerah mana saja yang sudah menerima bantuan bibit ternak baik sapi, kambing,Babi, maupun bibit lainnya. Selain itu juga dalam halpemantauannya juga akan dapat dengan mudah di lakukan. (wan)





You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Distan Landak Bentuk UPP Peternakan"


Powered by www.tvone.co.id