NGABANG- Kepala BPN RI Joyo Winoto,Ph.D, dalam waktu dekat ini akan menyerahkan 1000 Persil sertipikat tanah kepada petani tanaman pangan (padi). Pelaksanaan penyerahan tersebut rencananya akan dilaksanakan di “Bukit Soeharto Kecamatan mandor Kabupaten Landak menurut renca pelaksanaanya tanggal 22 April ini.



Demikian dikatakan Kepala Bandan Pertanahan Kabupaten (BPN) Kabupaten Landak Drs.Dom Dom Pangaribuan, kepada Kapuas Post ditemui di kantornya, belum lama ini.
Dikataknnya, sejak awal tahun ini BPN Kabupaten Landak fokus mengukur dan menggarap “Redistribusi tanah (khususs tanah lahan pertanian 1000 bidang yang terletak di Desa kayu tanam dan Ngarak Kecamatan Mandor Kabupaten Landak.
Dalam menggarap 1000 sertipikat ini,” kata lDom Dom.
Ia mengakui sejauh ini pihaknya dibantu sebanyak 10 juru ukur dari kantor wilayah Pertanahan Provinsi dan baru saja selesai diukur setelah data rampung akan di garap BPN Kabupaten Landak setelah itu tanggal 15 April nanti semuanya harus sudah siap dibawa ke kantor wilayah di Pontianak dan selanjutnya pada tanggal 22 april nanti Kepala BPN RI yang akan menyerahkannya langsung kepada para petani. Dalam acara penyerahan di bukit Soeharto nanti Gubernur Kalimantan Barat Drs.Cornelis, MH dan Kakanwil Pertanahan Provinsi Kalimantan Barat Ir.Emiel A.E.Poluan,M.Si juga akan mendampingi Kepala BPN dan sudah dipastikan para Bupati dan wali kota se-Kalbar ikut hadir. Demikian juga semua kepala kantor pertanahan dari kabupaten/kota juga akan hadir menyerahkan sertipikat dari Kabupaten masing-masing dan kepada para petani paling tidak ada yang mewakili.
Setelah acara penyerahan sertipikat langsung oleh kepala BPN nanti barulah kita memulai menggarap 600 persil sertipikat Prona (Proyek Nasional Agraria) sebagai mana kita ketahui di kantor pertanahan Kabupaten Landak tidak ada juru ukur khusus terpaksa kita menugaskan pejabat kantor yaitu Kasubag TU sebagai juru ukur. Karena keterbatasan tenaga sesuai dengan personil yang ada hanya 19 orang sebenarnya idealnya pegawai kantor pertanahan kabupaten menuruty struktur yang di buat oleh BPN pusat seharusnya 41 orang akibatnya banyak jabatan yang kosong tetapi dirangkap oleh personil yang ada sehingga pulang kantor kadang-kadang sampai sore karena menyelesaikan pekerjaan yang harus segera diselesaikan.maka kita hanya sanggup menggarap 600 persil saja karena prona ini merupakan proyek yang disubsidi dari APBN.
Maka program Prona di Kabupaten Landak ini kita programkan sesuai dengan mekanisme dan sesuai dengan kemampuan, setelah di kasi jatah dari kanwil ke-kabupaten/kota maka penybarannya disetiap kecamatan jangan sampai menumpuk di satu kecamatan. Di ruang terpisah Kasi HTPT Rudi Agustiawan,AP tnh. menambahkan untuk tahun 2009 ini ada 10 Desa di 6 Kecamatan mendapat Prona antara lain: Kecamatan Mempawah Hulu 150 persil, yakni,Desa Pahang 50 persil, Desa Tunang 50 persil dan Desa Tiang tanjung 50 persil. Kecamatan Sengan Temila 220 persil: Desa Sidas 100 persil, Desa Tonang 70 persil dan Desa sinakin 50 persil, Kecamatan Air Besar esa Serimbu 30 persil, Kecamatan Mandor Desa Mandor 100 ersil, Kecamatan Sompak Desa Sompak 50 persil, dan kecamatan Jelimpo Desa Tubang Raeng 50 persil. (wan)





You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kepala BPN RI Serahkan 1000 Persil Srtipikat Tanah Kepada Petani"


Powered by www.tvone.co.id