Pemda Landak Akan Bangun Jaringan Informasi

07.53 Diposting oleh HERI IRAWAN
Jangkau Daerah Pedalaman Yang Terpencil
NGABANG - Dalam rangka mengatasi keterbatasan Informasi yang di terima masyrakat daerah pedalaman yang paling terpencil khususnya di Kabupaten Landak, Pemda Landak juga berebcana akan segera melakukan pembangunan jaringan Informasi.
jaringan yang di maksudkan adalah agar berbagai Informasi yang saat ini masih sangat terbatas dapat dengan mudah di akses dengan mudah oleh masyarakat pedalaman.
Menurut Alfius,S,Sos, Kepala Bappeda Kabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini mengungkapkan, Salah satu penyebab kemiskinan yang ada dimasyarakat adalah termasuk keterbatasan imformasi yang di terima oleh masyarakat.
"Sebenarnya kata miskin itu bukan tidak makan, tetapi paktor kemiskinan ini banyak sekali penyebabnya termasuklah keterbatasan informasi, ini juga salah satu penyebab kemiskinan,"ujarnya.



Untuk itu pihaknya ke depan juga sudah merencanakan pembangunan sistim jaringan informasi perdesaan yang di harapkan dapat menunjang dan emperlancar arus komunikasi kepada masyarakat yang berada di daerah pedalaman.
"Ya, kita bisa saja bekerja sama dengn pihak swasta dengan menggunakan tower-tower yang ada atau menggunakan program dari kementrian dan ini yang harus kita picu,"ungkapnya.
Dikatakannya, mengenai prorgam tersebut saat ini Pemda Landak juga sudah mengajukan sedikitnya 100 Desa dari 156 Desa yang ada di daerah ini yang akan di bangun jaringan informasi perdesaan.
Di sisi lain yang juga merupakan keterkaitan keterbatasan Informasi itu adalah masih terbatasnya penerangan Listrik yang sebenarnya sangat di butuhkan oleh masyarakat pedalaman. sehingga saat akan melakukan atau mengakses informasi itu sendiri tentu masih akan sangat terhambat.
"Ini juga yang menjadi prioritas kita ke depan, kita akan mencoba melihat sejumlah potensi air terjun yang ada. karena tenaga listrik ini juga dapat kita peroleh dengan dari tenaga Surya atau dari air terjun yang ada ini yang akan kita mempaatkan,"paparnya.
Karena kalau hanya mengandalkan PLN tentu sangat terbatas apalagi kalau daerah yang berada di daerah jauh di pedalaman dan walaupun ini msih sebatas rencana tetapi ini merupakan pembangunan prioritas yang harus di lakukan. karena intuk melakukan kegiatan apapun kalau sumber kelistrikan itu terbatas maka semuanya juga akan terhambat.
"Ini yang akan segera kita lakukan. jadi kita ingin masyarakat kita yang berada di daerah pedalaman itu juga harus dapar mengakses informasi dan bidang kelistrikan juga memadai artinya jangan sampai masyarakat kita yang ada di daerah yang terpencil beranggapan dan merasa belum merasakan kemerdekaan,"
Walaupun pembangunan itu tidak dapat di lakukan dengan sekaligus tetapi walaupun secara bertahap semua kegiatan ini tetap akan teralaksana. (wan)




You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pemda Landak Akan Bangun Jaringan Informasi"


Powered by www.tvone.co.id