Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani

07.39 Diposting oleh HERI IRAWAN

Disbunhut Landak Lakukan Pelatihan 3 Kecamatan
NGABANG - Pelaksanaan kegiatan pelatihan salah satu penguatan terhadap kelompok masyarakat yang sudah tergabung dalam kelompok tanaman Karet. kegiatan pelatihan yang di maksud juga di ikuti oleh 6 kelompok yang ada di 3 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Landak.
Plt, Kadis Bunhut Kabupaten Landak Vinsensius. S,Sos. MMA kepada Kapuas Post Rabu (13/05) kemarin mengatakan, adapun kelima kecamatan tersebut masing-masing kecamatan Ngabang, Mandor,Karangan Sedangkan di 3 kecamatan tersebut terdapat 6 Desa masing-masing untuk di Kecamatan Karangan di Desa Bilayuh dan Suka Maju, Kecamatan Mandor di Desa Kasturi dan Kayu Tanam, Kecamatan Ngabang di Desa Tebedak ada 3 masing-masing di Dusun Ngedang dan Dusun Tebedak.

"Ya untuk tahun 2009 ini kita melakukan pelatihan penguatan kelembagaan pada kelompok tani karet di 3 kecamatan dan ada 6 Desa. dan ini sesuai dengan Anggaran yang kita miliki dan ini khusus untuk kelompok petani karet,"ujarnya.
Sedangkan untuk kelompok petani kelapa sawit memang belum di lakukan namun untuk pelatihan kelembagaannya tetap terus di lakukan.
Dikatakannya kegiatan yang sedang berjalan saat ini adalah merupakan pelatihan yang bertujuan untuk memperkuat kelembagaan petani yang ada mengarah pada kebersamaan atau kembali mengingatkan masyarakat yang ada untuk dapat mengangkat nilai - nilai kegotong royongan sehingga dapat mengelola organisasi yang bersipat memiliki sistim dan prosodur sehingga tujuan akhirnya agar kelompok tani yang mengelola karet ini dapat lebih serius dalam mengelola usaha di bidang perkebunan karet. "Artinya ketika masyarakat mengelola perkebunan karet ini, hendaknya harus di tekuni dengan serius, demikian juga dengan kelapa sawit mereka harus menekuni sampai kegiatan yang di lakukan ini dapat berhasil. Bukan begitu di tanam lalu di biarkan begitu saja," paparnya.
Dengan kehadiran pelatihan ini pihaknya mengharapkan agar masyarakat dapat meninggalkan pola pikir lama yang artinya dengan adanya pelatihan kelembagaan ini di harapkan dapat memperkuat semangat serta keseriusan masyarakat yang sudah menekuni usaha di bidang perkebunan khususnya karet. Selain itu seraya juga meminta agar masyarakat juga dapat merawat tanaman berupa tanaman karet, apabila menginginkan tanaman tersebut dapat berhasil dengan baik.
"Kita juga harus sadar bahwa tanaman juga perlu di pelihara, di pupuk di kontrol, tetapi yang di lakukan masyarakat kita terkadang selalu menerapkan pola tradisional artinya begitu di tanam terserah saja. padahal yang namanya tanaman itu harus rutin," ujarnya.
Realita yang ada menurutnya seperti di kecamatan Mandor dalam waktu 4 tahun saja tanaman karet yang di miliki sudah dapat memberikan hasil. tetapi kalau saja tanaman tersebut tidak di kelola dengan baik maka tanaman karet yang ada tentu tidak akan berhasil dengan baik walaupun jenis karet yang di tanam itu karet unggul.
Semua ini kan harus di pelihara dengan standar teknis yang ada. perlakuan. sehingga program kelembagaan ini menjadi penting bagi masyarakat untuk mengingatkan masyarakat kita agar dapat menyadari bahwa tanaman juga membutuhkan perhatian yang baik sehingga dapat memberikan hasil yang baik. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani"


Powered by www.tvone.co.id